Kelas Kreatif: Empat Teknik Membuat Foto ala Polaroid di Picsart

Kelas Kreatif: Empat Teknik Membuat Foto ala Polaroid di Picsart


Selamat pagi, siang, ataupun malam wahai kalian para pembaca blog kami. Seperti janji kami, kami akan sering membuat postingan dan sedang mengusahakan juga untuk lebih sering membuat video di chanel Youtube kami. Jangan lupa untuk mensubscribe chanel Yiutube kami ya, kami sedang bersama-sama berusaha untuk mengupdate hal-hal kreatif.

Untuk postingan kali ini kami ingin membahas Kelas Kreatif lagi, dan masih menggunakan Picsart. Tapi kali ini, kami tidak akan mengedit terlalu sulit seperti beberapa postingan kami sebelumnya, jika penasaran kalian dapat mencarinya secara langsung di menu Kelas Kreatif.


Foto ala polaroid memiliki banyak penggemarnya dan bahkan tidak sedikit yang menyukai foto dengan model polaroid. Namun bila untuk membeli kamera dan filmnya terasa mahal dan menguras dompet, sedangkan mencetak sendiri juga akan menimbulkan biaya yang tidak sedikit, namun gaya ini sudah tidak bisa dibendung dan dihentikan lagi. Maka tenang saja, kami punya solusinya. 

Kami telah menyiapkan lima cara/teknik/metode atau apapun sebutannya, mengedit foto ala polaroid dengan bermodalkan Picsart. Hal ini sangat cocok untuk kalian yang belum mahir bermain Photoshop, atau malah menggunakan Photoshop dan lebih memilih menggunakan Picsart untuk edit-mengedit. Lalu cara ini juga kami rasa sangat tepat, untuk kalian yang memori handphone-nya tinggal sedikit, dan sayang kalau mendownload aplikasi edit polaroid. Apalagi kalau kalian sudah memiliki Picsart. Sayang banget mendownload aplikasi edit foto yang lain. Maka pada postingan kali ini, kami akan membuat kalian memaksimalkan penggunaan Picsart

Langsung saja, kalian cukup menyiapkan foto+handphone+Picsart+kesabaran

Oke kita langsung saja mulai.

Teknik yang pertama


Teknik ini adalah teknik termudah saat kalian benar-benar malas mengedit lewat handphone tapi juga malas membuka komputer atau laptop. Oke langsung saja. Foto harap disiapkan terlebih dahulu yaa. Selanjutnya buka aplikasi Picsart, lalu pilih canvas baru dan pilih ukuran kanvas 800x1200 (potrait). Setelah itu pilih Photo dan pilih foto yang telah kalian persiapkan. Selanjutnya foto tersebut tinggal disesuaikan dengan dengan tepi atas-tepi bawah-tepi kanan-tepi kiri. Harap kalian juga sudah mengetahui tipe atau karakteristik dari foto ala polaroid. Dimana foto ala polaroid biasanya bagian tepi bawah lebih lebar dari tepi yang lain, dan tepi atas lebih lebar dari tepi kanan-tepi kiri. Itu pengetahuan umum yang basic, jadi harap selalu diingat. Foto ala polaroid bukan hanya foto yang memiliki tepi putih namun terdapat ukuran yang harus diingat.

Selesai.

So simpel kan? Tapi kalau kalian masih ingin diedit warnanya, kalian dapat edit secara manual menggunakan menu Tools-Adjust. Atau kalau ingin lebih cepat kalian dapat memilih efek di menu Effect. Silahkan berkreasi sebebas kalian.
Memilih ukuran kanvas


Menyesuaikan foto dengan tepi


Memberikan efek atau edit warna (koreksi)


Teknik yang kedua



Memiliki awalan yang mirip dengan teknik pertama, yaitu memilih new canvas. Menambahkan garis tepi secara manual di pinggir. Cara ini tergolong cara yang masih mudah digunakan bahkan untuk orang yang jarang edit foto. Kenapa gampang? Karena memang hanya tinggal menambahkan garis tepi putih. Namun cara ini memerlukan ketelitian masalah ukuran garis tepi. Jangan lupakan basic foto ala polaroid juga ya. 
Menambahkan garis tepi


Mengkoreksi warna secara manual


Mengkoreksi warna dengan efek yang ada di Picsart


Teknik yang ketiga

Teknik ini merupakan teknik termudah lainnya. Namun berbeda dengan dua teknik sebelumnya, karena pada teknik ini kalian langsung memilih foto, kemudian kalian pilih Stiker, ketikan polaroid pada kolom pencarian. Lalu pilih sesuka kalian frame foto polaroid kesukaan kalian. Setelah selesai, sesuaikan saja fotonya, dan langkah terakhirnya adalah memotong foto agar pas dengan bingkai polaroid. Untuk memotong foto kalian klik saja Tools-Crop. Selesai.
Memilih foto


Memilih frame polaroid


Memotong ukuran foto secara manual


Proses saat sedang memotong


Teknik yang keempat

Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik pertama dan kedua, yang mana setelah memilih ukuran canvas dan insert photo, kalian bukan hanya menyesuaikan foto, namun kalian juga membuat garis tepi agar sesuai dengan foto ala polaroid. Setelah jadi beri warna atau edit warna. Bisa menggunakan cara manual dengan mengedit sendiri warnanya ataupun menggunakan efek yang telah disediakan Picsart. Anda yang memilih. 

Setelah selesai, kalian tinggal ke tempat percetakan foto atau yang semiripnya. Kalian tinggal cetak dengan ukuran 2r. Kalau tidak salah harga foto 2r tidak sampai dua ribu rupiah, namun perlu dicatat harga bisa berbeda-beda, kebetulan di kota kami, harganya memang segitu. Namun biasanya ada potongan tertentu bila kalian mencetak banyak. Bukan berarti harus banyak, namun harga tersebut sudah sangat murah meriah dan sangat cocok untuk kalian yang ingin tetap mengikuti perkembangan zaman dan pergaulan, namun tidak ingin melukai dompet kalian.
Kombinasi teknik satu dan dua


Hasil dari kombinasi teknik

Oke, sekian teknik-teknik mudah mengedit foto ala polaroid di Picsart. Selamat mencoba 😆 dan nantikan video unggahan kami terkait postingan ini di chanel Youtube kami disini 😃 dan jangan lewatkan juga akun Pinterest kami 😙

Ssst... kami sedang berusaha mengerjakan videonya secepat mungkin 😊

Oke, sekian dulu postingan dari kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf dan harap dimaafkan. Apabila terdapat hal-hal yang membuat bingung, silahkan hubungi kami 😄



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World














Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!