Kelas Kreatif: Sketching Daan Mogot untuk Merayakan Hari Pahlawan

Kelas Kreatif: Sketching Daan Mogot untuk Merayakan Hari Pahlawan


Hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, bukanlah hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah, namun merupakan hari yang selalu di peringati untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Surabaya. Dan pastinya hari ini telah banyak sekali orang yang membahas tentang hari pahlawan. Baik di sosial media ataupun di website. 

Kami juga berpartisipasi untuk memperingati hari pahlawan, tentunya dengan cara kami. Yups, seperti judul postingan kali ini. Kami akan membuat sketching Daan Mogot, salah satu pahlawan yang berasal dari Sulawesi Utara.

Sebelum membuat sketch Daan Mogot, kami akan membahas terkait Daan Mogot. Dan alasan kenapa kami memilih Daan Mogot untuk kami bahas pada postingan ini.

Hari Pahlawan 10 November

Hari pahlawan merupakan hari yang digunakan untuk memperingati pertempuran yang terjadi di Surabaya, yang terjadi pada tahun 1945, yang mana pertempuran ini melibatkan tentara dan milisi Indonesia melawan para tentara Britania Raya dan Belanda yang termasuk bagian dari Revolusi Nasional Indonesia. Hari nasional ini akhirnya ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Puncak dari pertempuran tersebut terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini jika total menghabiskan waktu tiga minggu, tiga hari. Sejak tanggal 27 Oktober hingga 20 November 1945.

Animasi seperti Battle of Surabaya sangat cocok ditonton saat memperingati hari pahlawan, agar lebih terasa gregetnya.

Daan Mogot

Kenapa kami ingin membuat skecth-nya Daan Mogot? Sebenarnya nama pahlawan tersebut kami pilih secara random saja, karena tentu akan ada banyaaak sekali pembahasan pahlawan yang berasal dari Surabaya, untuk memperingati hari pahlawan ini. Dapat kalian lihat seperti ulasan ringkas kami diatas. Untuk menghindari pembahasan yang sama dengan website yang lain, kami memilih nama pahlawan dari Sulawesi Utara :D

Oke, mungkin kami hanya memilihnya secara random, tapi setelah kami melakukan research lebih dalam pahlawan Daan Mogot ini, kami menemukan titik yang... yah, titik yang mengaitkan pahlawan Daan Mogot ini dengan hari pahlawan, selain beliau yang memang pahlawan Indonesia. 

Jadi titik tersebut adalah...

Nama lengkap Daan Mogot adalah Elias Daniel Mogot yang lahir pada 28 Desember 1928, di Manado, Sulawesi Utara. Daan Mogot lahir dari pasangan Nicolaas Fredrik Mogot dan Emilia Inkiriwang (Mien). Daan Mogot merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara. Pada saat usianya sebelas tahun, Daan Mogot berserta keluarganya pindah ke Batavia atau Jakarta.

Daan Mogot merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia, selain itu Daan Mogot merupakan mantan anggota PETA (Pembela Tanah Air). Daan Mogot merupakan salah satu pahalawan yang masih sangat muda saat berada di PETA. Pada bulan November 1945, Daan Mogot mendirikan Akademi Militer Tangerang atau AMT dan sekaligus menjadi direktur pertama pada usia tujuh belas tahun. Selain itu, Daan Mogot dikenal memiliki semangat yang patriotik dan mendedikasikan hidupnya dalam dunia kemiliteran, dengan usia yang terbilang cukup muda, Daan Mogot menunjukan rasa tanggungjawab dalam membela kemerdekaan Indonesia, salah satu aksi heroiknya saat Daan Mogot mengikuti perang Lengkong. Pada perang Lengkong tersebut Daan Mogot gugur diusia yang masih sangat muda, yaitu tujuh belas tahun pada 25 Januari 1946.


Eh tunggu, tapi kalian sudah dapat poin atau titik yang mengaitkan hari pahlawan-pertempuran Surabaya-Daan Mogot??? 

Iya itu...

Hari pahlawan, Daan Mogot pahlawan. Pertempuran Surabaya terjadi pada November 1945, dan Daan Mogot mendirikan AMT pada bulan November tahun 1945. See, ada keterkaitannya kan? Walaupun memang maksa banget sih ya. Oke. Maksud kami hanya ingin bercanda. Jangan terlalu serius lah, kami hanya ingin ikut berpartisipasi di hari pahlawan ini dengan membuat sketch salah satu pahlawan yang ikut membela Indonesia di masa lalu.

Oke, waktunya sketching.

Jadi pada postingan ini kami tidak memberikan atau menampilkan tahapan dalam membuat sketch seperti biasanya, tapi kalian dapat melihatnya disini. Kenapa tidak menampilkan hasil screenshot sketch? Yah karena step yang kami lakukan kurang lebih sama, selain itu juga kami ingin ikut berpartisipasi pada hari pahlawan ini. Jadi postingan ini kami tunjukan untuk ikut menyemarakan hari pahlawan, tapi akan semakin semarak jika ditambah dengan sketch. 

Selamat hari pahlawan, jangan pernah lupakan perjuangan para pejuang pendahulu kita. Tanpa mereka Indonesia tidak akan seperti saat ini. Maka perjuangan dan semangat mereka yang membara perlu kita jadikan acuan dalam menjalani hidup, bahwa hidup selalu penuh perjuangan untuk mendapatkan hal-hal yang ingin diraih. Jika hidup sedang membawamu turun, maka belajarlah dan lebih banyak bersyukur bahwa hidup memberimu pelajaran yang banyak, ada kalanya kita menikmati saat kehidupan sedang berada diatas, tapi juga kita tetap harus merasakan hidup saat sedang dibawah. Roda kehiduapan itulah yang akan terus membuat kita hidup untuk selalu mempertahankan apa yang kita punya dan miliki. Jangan pernah patah semangat, selalu ambil hikmah dari setiap kejadian yang ada. Melalui pahlawan Daan Mogot inilah kita pelajar, bahwa menjadi pejuang tidak terbentur masalah usia yang terlalu muda. Tidak ada usia yang terlalu untuk menjadi pejuang dalam perang, tentu juga berlaku, tidak ada usia yang terlalu muda untuk menjadi pejuang dalam kehidupan.

Mari jadikan hari pahlawan bukan hanya hari yang diperingati selama setahun sekali, namun dapat kita petik nilai-nilai perjuangan dan pantang menyerah dari para pahlawan dari berbagai daerah di Indonesia. Indonesia yang kaya akan keanekaragaman, tentunya memperkaya nilai-nilai yang dimiliki oleh para pahlawan. Tidak ada pahlawan kedaerahan yang ada hanyalah pahlawan Indonesia, karena kita semua berjuang untuk Indonesia.



Terima kasih telah membaca postingan kami ini, kurang dan lebihnya mohon diikhlaskan saja. Kami akan terus mengembangkan blog ini menjadi lebih bermanfaat dan juga menghibur.

Tunggulah selalu postingan terbaru dari kami. Kami sedang bekerja untuk dapat membuat dan menghasilkan postingan maupun video yang nantinya kami upload di chanel kami.

Terima kasih. Sampai bertemu di postingan kami yang lainnya.



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World















Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!