Review: Lima Novel Indonesia yang Cocok dibaca Saat Sedang Membutuhkan Penyemangat

Review: Lima Novel Indonesia yang Cocok dibaca Saat Sedang Membutuhkan Penyemangat


Novel merupakan bahan bacaan yang banyak digemari masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki memiliki hobi membaca novel. Novel sendiri memiliki beragam genre, mulai dari romantis hingga misteri. Penulis novel juga sekarang ini sudah banyaaak sekali. Penerbit yang menerbitkan novel sendiri jumlahnya ada banyaaaak!

Lalu kamu masih bingung membaca novel untuk menumbuhkan kembali semangatmu yang sempat redup? Kamu tidak perlu bingung lagi saat ini, karena kami telah menyiapkan lima daftar novel yang cocok dibaca ketika sedih atau kamu membutuhkan semangat lagi :)

Hal ini diperlukan untuk memupuk diri kita dengan hal-hal yang berbau pelajaran hidup namun tidak menggurui, yang mana dari novel-novel tersebut kita diajarkan bahwa betapa kerasnya hidup tokoh pada novel, namun semangatnya dapat mengantarkannya hingga ke akhir cerita novel. Dari novel pula kita diajarkan bahwa pelajaran hidup terkadang dapat kita ambil melalui perjuangan dari tokoh-tokoh yang ada. Dengan permasalahan yang super ruwet namun memiliki penyelesaian yang apik dan memiliki akhir indah.

Kamu tahu? Ada banyaaaak sekali novel Indonesia yang mengangkat tema menumbuhkan semangat hidup, melalui berbagai ragam sudut pandang cerita. Berikut ini, telah kami rangkumkan lima novel Indonesia yang cocok dibaca ketika kamu membutuhkan semangat!

Ahhh! Sebelumnya, kalian dapat membaca novel-novel rekomendasi dari kami ini melalui aplikasi perpustakaan digital. Mudah saja, kalian dapat mendownloadnya melalui Play Store atau toko yang ada di smartphonemu lainnya :D kalian dapat menggunakan kata kunci perpustakaan digital. Ada banyak sekali perpustakaan digital saat ini, tentunya hal ini terjadi karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Terdapat dua aplikasi perpustakaan digital yang kami rekomendasikan, yaitu iPusnas dan iJak. Keduanya berasal dari developer yang sama :) sehingga tampilannya pun hampir sama, hanya beberapa fitur yang membedakan serta warna dasar dari kedua aplikasi tersebut yang berbeda.

Tentunya dengan membaca melalui perpustakaan digital dapat memudahkan kalian yang ingin meminjam dimanapun dan kapanpun, serta lebih ramah kantong karena kalian tidak perlu membeli bukunya sendiri. Selain itu, koleksi dari kedua aplikasi tersebut selalu diperbarui, sehingga buku-buku keluaran terbaru sudah dapat kalian nikmati :) sungguh mudah sekali bukan kehidupan saat ini?
Oke, waktunya rekomendasi novel :) berikut lima novel rekomendasi dari kami untuk kamu yang sedang membutuhkan semangat :)

1. Ally - Arleen A.


Novel ini ditulis oleh penulis yang dikenal sebagai penulis buku anak-anak. Karyanya ada banyaaak sekali, termasuk novel. Lalu cara bercerita penulis satu ini sangat menarik karena menggunakan cara bercerita ala dongeng (?) aduh bagaimana kami menjelaskannya ya? 

Oke masuk ke cerita inti di novelnya, tapi bukan mau spoiler kok! 'Ally' ini banyaaak sekali hal yang dapat kalian pelajari tentang kehidupan. Kalian yang merasa sendiri dan merasa jauh dari siapapun. Apapun kondisi kalian saat ini, kalian patut mensyukurinya. Novel ini mengajarkan bagaimana caranya bersyukur lewat cerita pengalaman hidup sang tokoh utama. Ceritanya sangat keren, dan mengalir. Bahkan ketika akhirnya novelnya dapat kami selesaikan, rasanya seperti terlalu cepat. Kami sangat menikmatinya.

Kami harap kalian juga dapat membaca novel ini. 

2. Kotak Mimpi - Primadonna Angela



Setiap orang memiliki mimpi. Mimpi yang menuntunnya untuk bangun dari tempat tidur dan segera merealisasikan mimpi tersebut. Namun mimpi pula yang membuat orang jatuh hingga ke dasar bumi. Namun berkat mimpi juga, seseorang dapat bangkit lagi dan mengejar mimpinya lagi.

Novel ini sangat bagus dan cocok sebagai bacaan saat sore menjelang. Dan kami sangat menyukai bagaimana cara bercerita dari penulis novel ini. Sangat mengalir serta ringan. Cocok dibaca ketika masalah berat sedang menderamu, dan novel ini menjadi pilihan tepat untuk meredam emosi yang meletup-letup.

3. My Winter Tale - Neni Jahar



Setiap orang memiliki cerita, setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Melalui novel ini, kamu dapat belajar banyak hal, dan menghargai banyak hal. Dari segi cara bercerita, sangat bagus dan sangat mengalir. 

Novel ini mengupas sudut pandang orang dengan cara yang menarik. Untukmu yang saat ini sedang dilanda kegalauan, kesedihan, atau perasaan yang lainnya, kalian perlu membaca sesuatu yang tidak terlalu berat. Dapat dibaca kapanpun, bahkan ceritanya yang mengalir tentunya sangat tepat untukmu yang ingin mengalihkan segala kepahitan perasaanmu. 

4. Sang Maharani - Agnes Jessica


Kisah ini sangat pedih menurut kami. Pedih untuk pemeran utama. Tapi dari cerita ini kami belajar banyak hal, bahwa keluarga adalah segalanya. Dan kemerdekaan telah membebaskan kita dari penjajahan. Namun jangan terlalu terlena juga, bila tidak ingin diserang dengan penjajahan gaya modern (ups). 

Yah, intinya kami hanya ingin agar kalian membaca novel ini, yang mana dari novel ini kita bisa belajar banyak hal, seperti kesetiaan maupun kejujuran. 

5. Gentayangan - Intan Paramaditha


Novel ini merupakan novel yang mana kalian para pembacalah yang menentukan akhir dari novel tersebut. Maka dari itu, kalian harus mantapkan dulu, ketika kalian dihadapkan pada persimpangan jalan. Novel ini mengajarkan banyak sekali hal, dengan gaya bercerita yang mengalir, namun ketika para pembaca telah merasa nyaman sebagai tokoh utama, tiba-tiba saja muncul pilihan-pilihan yang akan membuat akhir cerita pada masing-masing pembaca. 

Sekian dulu review dan rekomendasi lima novel untuk kalian yang sedang membutuhkan penyemangat melalui bacaan. Jangan patah arang dan semangat, karena akan selalu ada banyak hal yang dapat membantu kita keluar dari zona kesedihan tersebut. Melalui membaca kalian dapat memperluas pandangan kalian terhadap masalah kalian, serta cara menyelesaikan masalah kalian. 

Seluruh novel yang kami rekomendasikan ini, memiliki jalan cerita yang menuntun pembaca menemukan harta karunnya masing-masing setelah selesai membaca novel tersebut. Setiap cerita memiliki amanatnya masing-masing sesuai dengan sudut pandang si pembaca, pada setiap permasalahan yang ada, namun dari cerita pula, pembaca dapat memperluas pandangannya.

Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! keep literate!





See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World










Komentar

Posting Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!