Review: Rekomendasi Lima Lagu KARD Spesial Bulan November

Review: Rekomendasi Lima Lagu KARD Spesial Bulan November


Jadi postingan ini review atau rekomendasi sih?

Yups, postingan kali ini akan membahas lagu KARD, tapi juga sekalian merekomendasikannya untuk kalian, agar dapat dinikmati selama bulan November.

Kenapa harus dinikmati bulan November?

Sebagai warga negara yang tinggal dan menetap di Indonesia yang memiliki iklim tropis, tentunya Indonesia hanya memiliki dua pilihan musim, kalau tidak musim kemarau ya musim hujan. Maka tidak aneh juga kalau beberapa waktu ini kita mengalami kepanasan yang luar biasa ekstrem. Bulan Oktober ini suhu di Indonesia, terutamanya yang berada di wilayah selatan khatulistiwa, seperti Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan lainnya, mengalami peningkatan suhu panas yang diakibatkan oleh gerak semu matahari.

Tapi tenang saja, suhu panas yang ekstrem untuk beberapa wilayah di Indonesia ini tidak akan berlangsung lama, karena kita akan memasuki bulan November yang artinya kita akan memasuki musim penghujan, karena suhu udara diperkirakan akan menurun. Dan sepertinya sudah terlihat penurunan suhunya, dan sempat juga terjadi hujan walaupun suhu panas masih lebih dominan, apalagi di siang hari. 

Yahh, karena November nanti kita memasuki musim penghujan, tahu kan artinya apa? Musim penghujan=musim menggalau :D hehehe. Jadi kami akan merekomendasikan lagu-lagu KARD yang cocok untuk menemanimu selama bulan November.

Tapi, tunggu dulu! Kalian tahu kan KARD itu apa?

Oke, kami akan menjelaskan secara ringkas tentang KARD, pasti beberapa dari kalian masih asing dengan nama grup tersebut. Tapi bagi yang sudah tahu dan Kpopers sejati, silahkan anda dapat melanjutkan saja ke bagian rekomendasi dan reviewnya :D

KARD merupakan grup coed Korea Selatan. Masih bingung dengan grup co-ed? Apa itu grup co-ed. Oke, kami akan menjelaskan lagi, grup co-ed ialah grup yang membernya (anggota) terdiri dari perempuan dan laki-laki. Jadi biasanya di Korea Selatan, yang terkenal kalau tidak boy grup (grup laki-laki) seperti SUJU, BTS, EXO, maupun Ikon. Ataupun girl grup (grup perempuan) seperti Blackpink, Red Velvet, Twice, maupun Mamamoo. Tapi jangan salah, ada juga grup yang menggabungkan member perempuan dan laki-laki dalam satu grup. Namun biasanya co-ed grup jarang yang dikenal secara luas, istilah kerennya sih hanya terkenal di kalangan tertentu.

Walaupun demikian grup semacam KARD ini jarang banget dibentuk, biasanya co-ed grup di industri musik Korea Selatan hanya menjadi project grup yang nantinya bakal dibubarkan. Kok bisa sih? Iya, karena anggotanya itu diambil dari member girl grup dan boy grup dari satu agensi yang sama, ataupun dari kerjasama antar agensi. Sehingga rentang waktunya pun hanya sebentar saja. Kecuali yang sudah jelas diawal dibentuk grup dengan format co-ed. 

Namun ada beberapa co-ed grup yang awal dibentuknya dengan format co-ed, tapi akhirnya berubah dan saling memisahkan diri, bahkan ada juga yang akhirnya bertransformasi menjadi girl grup dan boy grup. Ya, walaupun demikian, tetap ada saja yang membuat grup dengan format co-ed. 

Lalu apa yang membuat KARD spesial?

KARD dibentuk oleh agensi yang bernama DSP Media, kalian tahu nggak walaupun nama DSP Media untuk yang tidak terlalu menyukai Kpop, pasti terdengar asing, tapi sebenarnya mereka juga pernah sukses mengorbitan beberapa artisnya lho. Dari KARA, Sechs Kies, SS501, bahkan APRIL telah sukses di orbitkan oleh DSP Media. Dan KARD adalah produk pertama mereka untuk co-ed grup. Dan juga menjadi satu-satunya co-ed grup di jagad per-Kpop-an yang benar-benar eksis bahkan lebih terkenal di jagad fans internasional dan bukan project grup sementara. Bahkan sebelum mereka benar-benar officially debut, mereka sudah konser lebih dulu, dan konsernya langsung ke beberapa negara di Amerika. Maka dari itu, kami memutuskan untuk membuat lima daftar lagu KARD yang cocok untuk didengarkan saat musim hujan. 

Oke, sudah mulai sedikit mengenal KARD kan? Mari kami lanjutkan pada inti postingan ini, yaitu rekomendasi sekaligus mereview lima lagu KARD yang cocok menemani musim hujanmu :D 

Mari kita mulai :)


1. Don't Recall



Don't Recall merupakan lagu kedua dari tiga project lagu pre-debut KARD. Apalagi itu? jadi KARD ini sudah lumayan dikenal sejak lagu Oh Na Na, namun selain Oh Na Na, terdapat dua lagu pre-debut yang menjadi awal dari karir mereka. Dengan cerita bersambung dari lagu Oh Na Na, pada lagu Don't Recall ini selain MVnya bercerita tentang hubungan antara asmara antara dua anak manusia mulai retak dan timbul ketidakinginan untuk kembali lagi berhubungan (itu dari pihak perempuannya), lalu dari pihak laki-laki inginnya mempertahankan hubungan mereka. 

MVnya bagus banget, banyak fans mereka sangat puas dengan MV Don't Recall. Uniknya lagi, KARD ini walaupun belum benar-benar debut, tapi sudah banyak memiliki fans lho. Dan lebih uniknya lagi, fansnya kebanyakan datang dari luar negeri atau istilahnya sih internasional fans. Mereka senang dengan lagu KARD, dan keunikan grup ini. Menggabungkan perempuan dan laki-laki dalam satu grup. 

Don't Recall cocok banget untuk menemanimu ketika hujan. Baik kamu yang lagi galau, ataupun untukmu yang ingin menghayati hujan. Atau untuk menemani keheninganmu ketika hujan.

Kalau mendengarkan lagu jangan hanya mendengarkan lagunya yaa, kalian wajib banget membaca liriknya dan melihat MVnya. Untuk grup yang belum debut dan belum memiliki banyak fans dan belum begitu dikenal, MV dan lagu yang mereka nyanyikan memang memiliki kualitas yang baik dan ketika mendengarkan lagu ini, ada beberapa melodi yang terdengar sangat menyegarkan namun juga di saat yang bersamaan menyakitkan. Good music.

Mari kita lanjutkan ke lagu kedua.


2. Rumor






Setelah di lagu sebelumnya, kita disuguhkan pertengkaran khas pasangan, di lagu berikutnya ini, kita disuguhi lanjutan cerita dua sejoli tersebut, yang ternyata oh ternyata sudah putus dan mereka kini saling merindukan tapi juga saling gengsi untuk minta balikan. Wow rumit sekali hubungan di antara mereka ini. Dari liriknya dan dari MV-nya yang pertama (karena Rumor memiliki dua MV). Jadi bisa kita pastikan mereka putus dan hubungan mereka yang sudah retak parah tapi tahu bahwa mereka sebenarnya saling merindukan, hanya saja terhalang oleh gengsi. 

Astaga lagu KARD ini, bisa dikatakan lagu yang lengkap. Kenapa lengkap? Karena kita sebagai penonton maupun pendengar, disuguhkan dua dialog antara perempuan dan laki-laki yang saling mengemukakan pendapatnya. Jalinannya benar-benar membuat lagu mereka menjadi kuat. Lagu patah hati seperti ini sebenarnya sudah cukup banyak bukan? Tapi biasanya hanya dinyanyikan oleh grup tertentu, kalau itu boy grup ya, hanya dari sudut pandang si laki-laki, tanpa kita ketahui bagaimana sudut pandang si perempuan? Tapi kalau dari girl grup, ya kita akan mendapatkan sudut pandang si perempuan saja tanpa mengetahui sudut pandang si laki-laki.

Jadi lagu ini bener-bener kompleks dan komplet dalam paket lengkap :D (sebenarnya hampir semua lagu KARD, kan mereka menyuarakan dua sudut pandang dalam satu lagu).


3. Trust Me




Lagu selanjutnya adalah Trust Me yang termasuk dalam mini album kedua "You & Me". Dan nantinya dua lagu selanjutnya juga akan didominasi dari lagu-lagu yang ada di album ini. Mungkin karena album ini memang dikeluarkan saat bulan November, dan bulan-bulan tersebut kalau di luar negeri kan sudah mulai memasuki musim dingin, atau setidaknya bulan November, kalau di luar negeri itu penanda berakhirnya musim gugur atau autumn. Jadi lagu-lagu yang ada di album ini full lagu-lagu sedih dan galau yang bagus-bagus dan sangat cocok untuk didengarkan ketika perasaan lagi feeling blue. Bukan hanya untukmu yang sedang menggalaukan pasangan atau hubunganmu dengan pasanganmu saja, tapi untuk semua orang yang sedang feeling blue.

Lagu Trust Me ini terdapat tiga versi, pertama versi full member, lalu kedua versi Somin-B.M, dan versi ketiga versi J.Seph dan Jiwoo. Dari ketiga versi ini kalau kalian dengarkan lagi, terdapat perbedaan melodi di mulai dari J.seph dan Jiwoo, yang melodinya sedikit terdapat beatnya dan tingkat kesedihannya tidak seperti versi Somin-B.M, versi mereka agak sedikit lebih sedih, karena suara deepnya B.M, sedangkan versi J.Seph-Jiwoo agak sedikit lebih light karena suara J.Seph yang tidak se-deep B.M dan J.Seph benar-benar kejatah bagian rap yang sangat merepet, cepat, dan wow yang dengar akan ikutan sesak juga.

Lagu ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan lagu lainnya yang ada di album You & Me, bahkan untuk versi full membernya aja, terlihat sedih dan galau sekali. Untuk jalinan ceritanya sendiri, nanti akan kami jelaskan setiap lagu dan hubungan diantara setiap lagu-lagu tersebut. 

Jalinan cerita pertama dari lagu ini, adalah keretakan yang terjadi pada hubungan seorang perempuan dan laki-laki, dimana pada lagu ini tersirat bahwa, ibaratnya si perempuan ini, mulai memiliki ketergantungan yang aneh pada pasangannya. Dimana akhirnya pasangannya ini tentu saja mengatakan trust me atas apapun yang terjadi. Tapi ternyata hubungan mereka bukannya semakin membaik, tapi semakin buruk karena ketergantungan aneh yang dimiliki si perempuan. 

Pada album ini, terlihat sekali dominasi karakter perempuan yang memiliki indikasi terlalu ketergantungan pada pasangannya, sedikit demi sedikit. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di list lagu keempat.


4. Into You




Into You adalah lagu yang berada di list pertama dari album You & Me, lagu yang sejak awalnya sudah terdengar sangat teramat sedih dan menyayat hati. Jadi sejak di list ketiga Trust Me, aku selalu mengatakan bahwa karakter perempuan yang ada di lagu tersebut terindikasi memiliki ketergantungan yang aneh pada pasangannya kan? 

Lagu Into You ini, sepertinya menjadi awal kenapa karakter perempuan pada album ini dominan memiliki ketergantungan yang aneh pada pasangannya, karena di lagu ini tersirat sebuah cerita yang menyayat hati seperti ini. 

Di awal karakter perempuan mengatakan bahwa kehidupannya sangat gelap dan mungkin dapat diibaratkan, si perempuan sedang terjatuh ketitik terendah dalam hidupnya. Dan datanglah si karakter laki-laki yang menurut sudut pandang perempuan, kedatangan laki-laki ini menolongnya, memberinya harapan pada kehiduapannya kembali, bahkan bisa dikatakan akhirnya si perempuan dapat tersenyum bahagia lagi. Awalnya mungkin hubungan mereka baik-baik saja, walaupun ketergantunga yang aneh itu mulai tumbuh seiring hubungan mereka, tanpa diketahui si karakter laki-laki.

Lagu Into You ini, merupakan salah satu lagu yang bukan hanya dari melodi ataupun liriknya yang sedih menyayat hati, tapi bahkan dari secara keseluruhannya terlihat eh bukan tapi terdengar sangat sedih. Feeling blue dari lagu ini memiliki level yang tinggi. 

Sekarang kita bedah judulnya, Into You. Didalammu. Memiliki arti si karakter perempuan memiliki keinginan untuk memiliki karakter laki-laki seutuhnya. Posesif berlebihan pada karakter laki-laki.

Lanjut ke list yang terakhir.


5. You in Me




Ini dia lagu yang pada album You & Me memiliki MV, mari kita bedah lagunya sekaligus MVnya. Ada teori yang menarik nih terkait album ini dan lagu lainnya yang ada di dalam album.

Lagu You in Me ini adalah puncaknya, atau titik klimaksnya. Dimana secara terang-terangan karakter perempuan ingin memiliki sepenuhnya dari karakter laki-laki, bahkan tidak akan melepaskannya sedikitpun. Ibaratnya tingkat posesifnya karakter perempuan sudah keterluan dan berada di tingkat yang sudah tidak wajar. Kenapa tidak wajar? Silahkan cek dulu MVnya dan perhatikan juga liriknya, serta perubahan pada setiap karakter yang ada. 

Jujur MV KARD tidak pernah ada yang mengecewakan. Totalitas adalah cara kerja mereka. MV You in Me sangat bagus, dari mulai ide cerita atau ide MV yang sangat original, kenapa? Karena MVnya sangat keren dan kalian harus menontonnya sendiri. Lalu plot cerita atau plot MV yang menarik dan unik, memiliki arah yang jelas, dan unsur emosi yang terkandung sangat kuat. Selain itu ada tokoh dan penokohan yang dibawakan dengan sangat baik oleh member KARD. Dimana ada dua pasangan, dengan pembawaan yang sangat bertolak belakang, ketika kedua pasangan tersebut sama-sama berada dalam sebuah hubungan yang penuh toxic dan para karakter laki-laki disini seakan mereka akhirnya sudah mengetahui apa yang terjadi, tapi sayang sekali mereka terlambat menyadarinya. Wow, keren banget. Rasanya nggak cukup hanya bilang keren. Mereka luar biasa. Lalu ada visual, yang sangat ciamik sekali. Mulai dari suasana yang dibangun, penempatan kamera, bahkan makeup yang mendukung MV tersebut. Secara keseluruhan MVnya sangat perfect! Seolah-olah seluruh cerita lengkap album You & Me disatukan menjadi satu paket lengkap dalam bentuk MV You in Me.


Oke, seperti itu saja review dan rekomendasi lima lagu dari KARD. Semoga bisa menghibur dan menambah imajinasi :D

Selanjutnya tunggu saja postingan dari kami terkait KARD lainnya.



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World















Komentar

Posting Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.