Light Research: Lima Inovasi Terbaru Indonesia Tahun 2019

Light Research: Lima Inovasi Terbaru Indonesia Tahun 2019


Selamat memasuki bulan November dan selamat gajian untuk kalian yang gajiannya tanggal satu :D
Kami juga ingin mengucapkan selamat Hari Inovasi Indonesia (HII) yang jatuh dan selalu diperingati pada tanggal satu November. Ingin tahu apa itu HII? Kalian dapat membacanya disini. Bukannya kami malas menuliskannya disini, namun ulasan terkait HII sudah cukup banyak dan dapat dengan mudah ditemukan di internet. Lalu juga sudah ada website HII, jadi kalian dapat langsung membacanya dari sumber pertama (primer).

Oke, maka selanjutnya kami akan membahas seputar inovasi terbaru tahun 2019 yang ada di Indonesia. Penasaran ada apa saja? Baca terus postingan ini, karena kami telah merangkumnya khusus untuk kalian para pembaca setia kami :)

Tapi sebelum kami membahas lima inovasi terbaru di Indonesia kami ingin sedikit membahas terkait inovasi. Jika kalian telah selesai membaca halaman yang kami sarankan, maka setidaknya kami dan kalian memiliki kesepahaman terkait inovasi. Bila kalian membacanya lebih lanjut tentang inovasi, tentu saja kalian akan berpendapat bahwa inovasi=ide=gagasan, lalu itu semua tercipta karena manusia memiliki pikiran atau pemikiran yang kreatif untuk menghasilkan ide-ide tersebut. Namun jika hanya masih berupa ide, dan belum diimplemtasikan maka ide tersebut tetap menjadi ide belaka tanpa ada tindakan untuk mewujudkan ide tersebut.

Nah, orang-orang yang berani mengeksekusi ide biasanya mereka seseorang yang memiliki jabatan yang tinggi dan seseorang pemberani untuk mengeksekusi ide tersebut. Bukan hanya berani namun juga memahami betul ide yang akan dieksekusi tersebut. Sehingga tentu saja dia telah menyusun berbagai langkah-langkah untuk mengeksekusi ide.

Poinnya adalah inovasi yang dimaksud adalah dapat mengeksekusi ide yang ada, bukan hanya menghasilkan ide saja, namun ide tersebut diimplementasikan.

Implementasi ide tidak semudah kedengarannya eh terbacanya, tapi membutuhkan seseorang yang berani mengambil langkah dan resiko tentu saja, karena mengeksekusi ide memiliki banyak sekali tantangan dan bahkan keberhasilan dan kegagalannya memiliki presentase yang seimbang.

Maka pada postingan ini kami sudah merangkum inovasi yang keren di Indonesia pada tahun 2019, ada apa saja? Yuks terus baca hingga selesai.


1. Inovasi GrabFood


Siapa sih di zaman sekarang yang serba canggih ini tidak mengenal pesan antar makanan semacam GrabFood maupun produk dari perusahaan lainnya? Pasti sudah mengenal bahkan mungkin biasa menggunakan jasa layanan pesan dan antar makanan. Kesibukan, ketidakinginan keluar rumah, ingin pesan cepat tanpa antri, dan berbagai alasan lainnya yang membuat jasa ini sangat berkembang pesat selain ojek onlinenya.

Baru-baru ini GrabFood melaunching layanan terbaru dari GrabFood, yaitu GrabFood Menu Eksklusif Signature. Apa sih GrabFood Menu Eksklusif Signature? GrabFood Menu Eksklusif Signature merupakan kolaborasi GrabFood dengan para mitra usaha mereka dengan menghadirkan pilihan menu baru dan inovatif untuk pelanggan. Layanan inovasi terbaru ini telah berkolaborasi dengan 60 mitra usaha. Prinsip kerjanya seperti ini, menu-menu baru dan inovatif tersebut hanya dapat dipesan melalui GrabFood dengan mitra usaha yang telah bekerjasama. Layanan ini dapat dinikmati di beberapa daerah seperti Jakarta, Makassar, Malang, Bali, Bandung, Cirebon, Mataram, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta.

Inovasi ini menurut Demi Yu sebagai Head of GrabFood Indonesia, merupakan terobosan yang digunakan untuk membantu para mitra usaha GrabFood untuk meningkatkan pendapatan. Intinya layanan inovasi ini dapat digunakan para mitra usaha yang ingin melakukan inovasi menu yang dimilikinya, lalu dijual melalui GrabFood dan hanya ada di GrabFood.
Hmmm... menarik bukan?


2. Grab Clean and Fix


Masih dari Grab, kali ini inovasi yang diluncurkan oleh Grab adalah jasa "Clean and Fix", untuk memudahkan kaum milenial dalam mencari jasa perawatan dan perbaikan alat-alat rumah tangga. Bahkan pengguna dapat memillih layanan seperti jasa pertukangan, renovasi rumah serta jasa interior, woow hebat sekali ya, nggak perlu punya kenalan tukang ataupun orang desain interior. Sikat lah.
Inovasi ini cocok banget untuk kalian para orang sibuk yang bahkan nggak punya waktu untuk mencari jasa tukang dan lain-lainnya itu. Hmm bisa juga sih. Lalu kelebihan yang ditawarkan oleh jasa "Clean and Fix" ini adalah didukung mitra usaha Clean and Fix sejumlah 30.000 yang tersebar di seluruh Indonesia. Lalu, Harganya standar dan bahkan dapat dibayar dengan OVO. Tidak ketinggalan, memiliki respon yang cepat dan memiliki garansi juga. Dan, dapat memilih merek elektronik sebelum dipesan.

Grab dalam meluncurkan inovasinya ini menggandeng sejasa.com, namun masih terbatas pada tiga layanan saja yang ditawarkan, serta layanan ini baru tersedia bagi pengguna Grab di wilayah Jabodetabek. Layanan ini mulai dapat digunakan oleh pengguna pada bulan Oktober, selain itu perluasan layanan ini ke wilayah lainnya juga sedang dikerjakan, dan sudah merambah Bandung dan Surabaya. Nah mari kita tunggu hingga dapat menyebar ke kota lainnya.


3. BRI Junio Smart

Inovasi kali ini dari perbankan, apalagi kalau bukan dari Bank BRI yang tentunya hampir semua orang Indonesia mengetahuinya, karena memang sudah tersebar hingga ke pelosok Indonesia. Kali ini inovasi yang diluncurkan bernama Junio Smart. Aplikasi Junio Smart ini dibuat agar dapat memperkuat ekosistem pendidikan yang ada di Indonesia, dengan target pengguna aplikasi tersebut dapat terintegrasi dengan sekolah di seluruh Indonesia. Sehingga dengan hadirnya Junio Smart dapat menjadikan pengelolaan akademik dan administrasi menjadi lebih cepat, tepat, dan akurat.

Aplikasi ini menurut Bambang Tribaroto selaku Corporate Secretary Bank BRI dapat memudahkan sekolah dalam mengelola keuangan, kegiatan akademik, bahkan mengirimkan informasi terkait kesiswaan kepada orang tua siswa melalui website dan aplikasi. Wow, keren juga ya aplikasinya, tapi tentunya aplikasi sebagus ini, perlu sosialisasi yang besar-besaran, karena tidak semua orangtua dapat menggunakan aplikasi ataupun gawai. Ah, tapi bukan hanya dari pihak orangtua, tapi juga kesiapan setiap sekolah, karena sekolah yang di target kan seluruh Indonesia.

Lanjut menurut Bambang Tribaroto, aplikasi tersebut dapat membuat orangtua ikut serta dalam memantau perkembangan akademik anaknya, serta siswa dapat lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi akademik maupun kegiatan sekolah. Saat ini sudah terdapat tiga puluh empat sekolah di mulai dari jenjang SD hingga SMA di Indonesia yang telah menjalin kerjasama dengan BRI terkait pemanfaatan aplikasi tersebut.

Untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini, bagi pihak sekolah dapat membuka rekening Giro Bank BRI, selanjutnya log in melalui website  https://junio-smart.id/. Adapun untuk orangtua dan siswa dapat mengunduh aplikasi tersebut di Play Store maupun App Store, dengan menggunakan kata kunci Junio Smart. Tentu saja untuk kedepannya Bank BRI masih akan terus mengembangkan kerjasama dengan sekolah-sekolah lainnya, agar dapat membangun ekosistem pendidikan yang terintegrasi. Melalui Junio Smart, Bank BRI terus berinovasi dan mengembangkan layanannya dalam bidang perbankan, yang menyediakan produk dan jasa lainnya, bahkan dibidang pendidikan. Sehingga, melalui hal tersebut diharapkan dapat membangun budaya menabung siswa sejak dini.


4. Friday Innovation Night 2019-PLN


Wah siapa sih orang di Indonesia yang nggak kenal atau tahu PLN? Kini PLN membuat even yang keren banget nih terkait kelistrikan. Nama even tersebut adalah Friday Innovation Night 2019 dengan tema Electrical Lifestyle for Your Better Future. Even ini diselenggaran secara bergilir di sejumlah kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Menurut Yudi Setyo Wicaksono selaku Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero), inovasi ini memiliki tujuan untuk memasyarakatkan berbagai inovasi dan pengembangan teknologi yang bersifat humanis dan disesuaikan dengan budaya kekinian masyarakat saat ini, dan digunakan untuk mengantisipasi masa depan. Lebih lanjut Yudi menjelaskan, bukan hanya menampilkan berbagai inovasi di bidang kelistrikan, even ini juga berisi hiburan, seperti ilusi teknologi, dan beberapa hiburan yang sesuai dengan tema electrical lifestyle yang mencakup eco-moving, eco-living, dan eco-lifestyle.

Kegiatan lain yang ditampilan pada even ini seperti talkshow dengan tema green energy, yang membahas kondisi gaya hidup manusia masa kini yang serba menginginkan kepraktisan, hingga pembahasan smart living. Selain itu, terdapat kegiatan sosialisasi guna memberikan edukasi mengenai penggunaan kompor induksi yang ramah lingkungan, termasuk solar panel, motor listrik, dan melibatkan komunitas kendaraan yang menggunakan mesin listrik. Hmmm, banyak juga ya varian kegiatan dari even ini, dan inovasi-inovasi yang ditunjukan.


5. Inovasi Birokrasi


Ini dia ide atau gagasan yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Indonesia. Ada yang pro tapi tak sedikit yang kontra. Belum kerja, sudah di judge duluan. Biasa netizen.
Inovasi birokrasi merupakan salah satu rencana kerja Presiden Jokowi untuk periode 2019-2024. Tentu saja rencana ini tidak tiba-tiba tercipta, sudah sejak diawal menjabat menjadi presiden untuk periode pertama Presiden Jokowi, memiliki cita-cita untuk melakukan inovasi pada birokrasi Indonesia, yang dikenal ribet dan njelimet ketika ingin mengurus dokumen atau apapun yang berkaitan dengan birokrasi.

Iya ribet dan lama serta cara-cara yang dilakukan tak jarang yang sebenarnya malah membuang-buang waktu dan kesempatan. Awalnya Presiden membuat program satu pintu. Ngurus segala dokumen dari satu tempat atau orang yang sama, bukan dipindah kesana-kemari. Tapi di pemerintahan saat ini, Presiden menggandeng beberapa menteri yang diambil dari orang-orang profesional yang memiliki kinerja yang cepat dengan hasil yang terlihat, seperti Wisnutama, Nadhiem Makariem, maupun Erick Tohir.

Jadi tentu saja dengan menggandeng mereka yang profesional, Presiden tentunya berharap mereka tidak lagi melanggengkan cara-cara birokrat Indonesia yang senang sekali dengan cara-cara yang stabil dan statis. Tentunya hal inilah yang membuat Presiden gemas dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengubah hal-hal yang statis dan stabil tersebut. Agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih.

Jadi, mari kita tunggu saja, kinerja yang ditunjukan para menteri. Jangan dikomentari dulu, tapi kita lihat dulu kinerjanya oke. Belum sebulan kerja, belum terima gaji pertama jadi menteri, eh sudah dikomentari terus saja. Jangan seperti itu ya, pembaca yang budiman :) Mari kita saling mendukung.

Nah segini dulu postingan dari kami. Manfaat dari postingan ini adalah kita sebagai makhluk hidup tentu saja akan selalu berkembang dengan belajar, yang kemudian akan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat memudahkan kehidupan. Syukuri setiap momen kehidupan ini. Dan terus berkembang serta berpikir kreatif. Salam Hari Inovasi Indonesia.



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World















Komentar

Posting Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!