Review: Lima Novel Tema Perjodohan yang Recommended banget!

Review: Lima Novel Tema Perjodohan yang Recommended banget!


Perjagadan novel saat ini semakin-semakin-semakin banyaaaakkk. Cerita setiap novelnya mungkin memiliki inti yang sama, namun ketika diselesaikan oleh penulis dengan sudut pandang berbeda bisa saja loh jadi memiliki cerita dan ending yang berbeda juga. 

Tema cinta merupakan tema yang sangaaat banyak dan masih laris dipasaran. Banyak orang senang membaca novel dengan tema cinta. Eits! Tapi jangan salah, tema cinta ini memiliki banyak lagi sub yang menjadi turunannya. Mulai dari cinta kandas, cinta pada pandangan pertama, perjuangan cinta, cinta sejati, dan masiiih banyak lagi. Salah satu tema yang banyak dieksekusi oleh penulis Indonesia (mungkin juga luar negeri),  adalah tema perjodohan cinta. 

Aduh jaman sudah semakin maju gini, nyari jodoh saja bisa lewat sosial media atau bahkan aplikasi pencari jodoh, kok masih bisa-bisanya mau dijodohin. 

Tapi ternyata menarik juga loh! Apalagi kalau dieksekusi dengan pisau yang tepat. Masalahnya dapat, latar belakang para tokoh yang terlibat kuat, tentunya bakal jadi perfect story!

Bila pada postingan sebelumnya, kami mungkin banyak mengumbar kata-kata kasar '-' hmm... dasar ekspektasi manusia. Maka untuk menyeimbangkan postingan tersebut, kami sudah siapkan, lima daftar novel dengan tema perjodohan cinta.

Novel-novel ini dapat kalian baca melalui aplikasi iPusnas ataupun iJak. 

1. Dongeng Sebelum Tidur - Agnes Jessica


Masalah yang diangkat bisa jadi sudah banyak yang mengulasnya. Tapi jangan salah, karya Agnes Jessica memang tidak boleh diragukan. Apalagi cerita macam perjodohan bisa jadi bahan yang menarik. Melalui latar belakang para tokoh yang kuat, kami dapat mengerti bagaimana perasaan si tokoh utama yang harus menerima perjodohan. Yups! Poin utamanya adalah masalah yang diangkat harus sama kuatnya dengan latar belakang tokoh yang terlibat masalah. Bukan hanya kuat, tapi juga relevan. Walaupun novel fiksi, namun novel tetaplah menggunakan seting dunia nyata maka, apalagi yang diharapkan pembaca? Tentu saja permasalahan yang terlihat nyata. Jangan hanya asal ingin membuat cerita yang super melo-dramatis, sehingga membuat alasan lemah menjadi alasan utama menerima ataupun menolak perjodohan. Kami sebagai pembaca tentunya akan menerima suatu cerita bila relevan.

Dan karya Agnes Jessica hampir semuanya bagus-bagus (karena kami belum tuntas membaca semua novelnya). Novelnya kali ini juga seperti itu. Kalian akan disuguhkan dengan permasalahan kompleks dan hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan. Eksekusinya sangat bagus dan tidak berlebihan, apalagi memaksa agar semakin bermelo-melo ria.

Kami sangat rekomendasikan novel ini!

Hanya satu yang disayangkan... sayang kurang panjang :D hehehehe... novel bagus dengan materi yang berbobot, harusnya bisa lebih dari 200an halaman. Jangan remehkan kekuatan pembacamu wahai Kak Agnes Jessica :D (bercanda)

Kalian dapat membaca koleksi ini di iPusnas. Kalau tidak salah, koleksi ini belum tersedia di iJak. Yups, kayaknya semua karya Agnes Jessica belum tersedia.

2. Bukan Pengantin Pilihan - Agnes Jessica


Satu lagi novel dari Agnes Jessica yang bertema perjodohan cinta, yang tidak kalah bagusnya dengan novel rekomendasi yang pertama. Sejujurnya ceritanya mungkin sudah biasa, atau sudah banyak diulas, namun siapa sangka, masalah dan kejadian-kejadian yang dimunculkan pada novel, dapat membuat novel ini sangat bagus. Secara masalah dan latar belakang tokoh serta seting cerita, semuanya sangat mendukung cerita. 

Menurut kami, cerita yang baik tidak melulu harus menghadirkan tema baru atau hal-hal yang serba baru. Namun cerita yang baik merupakan kombinasi yang kuat antara masalah yang dimiliki para tokoh, seting, serta eksekusi dari penulis.

Cocok dibaca untuk mengisi waktu kuang, karena halamannya juga tidak terlaku banyak hanya sekitar 200an! 

Kalian dapat membaca koleksi ini di iPusnas. Kalau tidak salah, koleksi ini belum tersedia di iJak. Yups, kayaknya semua karya Agnes Jessica belum tersedia.

Catatan: Awalnya kami kira novel Agnes Jessica ini merupakan karya terjemahan, karena seperti biasa kami terbius oleh covernya yang agak terlihat luar negeri (?), we don't know how to explained it! :')

3. Dimi is Married - Retni SB


Jika kedua novel diatas memiliki masalah yang membangun cerita yang sangat kompleks, berbeda dengan Dimi is Married. Permasalahannya sederhana, ada di tokoh utama lelakinya, yang kayak kadal darat! Wkwkwk just kid Garda :D

Ceritanya sangat menarik, fresh, lucu, dan masalah, serta jalan cerita, dan cara bertutur penulisnya, semuanya pas! Heran, padahal kami sempat meminjam novel ini, tapi sayang penampakan font awal cerita bikin horor! Astaga, sudah digital, masak font yang tersaji malah bikin sakit mata, kan jadi nggak mood. Untung saja mood kembali muncul, dan membuat kami akhirnya membaca lagi novel tersebut. Hasilnya diluar dugaan! Keren.

Dan yups! Rasanya senang jika cerita cinta yang dijodohkan tapi nggak terlalu menye-menye, apalagi faktor menye-menye dibawa oleh si tokoh utama perempuan, duhhhh males banget deh. Makanya biasanya belum selesai membaca, koleksi tersebut sudah masuk black list, untuk nggak akan dibaca lagi. Faktor yang menye-menye, tanpa jelas perkara menye-menyenya, itu yang kadang bikin illfeel

Kalian dapat membaca koleksi ini di iPusnas! Walaupun begitu koleksi lainnya dari Retni SB ini juga tersedia di iJak :)

4. All These Loves - Arleen A.


All These Loves, mungkin sedikit atau malah benar-benar berbeda dari novel atau cerita yang memiliki tema perjodohan. Hal ini karena tokoh utama, walaupun dijodohkan, tapi toh dia diberi kebebasan berpetualang untuk menemukan cinta sejatinya. Tidak  ada paksaan dari kedua belah pihak keluarga. Tidak ada pemaksaan. Hanya mengenalkan anak-anak mereka. Sisanya kedua mami tersebut hanya memasrahkannya pada sang Pencipta.

Melalui novel ini, para pembaca diajak, untuk selalu bersyukur atas cinta yang diberikan seseorang pada kita. Dan bahwa cinta tidak semuanya berakhir bersama. Ada kalanya cinta memang terkait hal mengikhlaskan dan membiarkannya pergi, tidak untuk disimpan sendiri. 

Nggak pernah bosan membaca alunan dan jalinan cerita yang disuguhkan oleh Arleen A.  Sangat keren dengan gaya bertutur yang menarik tentunya. Belum lagi, pembaca dibawa pada latar tempat yang jauh sekali dari Indonesia. Dengan perbedaan budaya yang dibuat sedetail mungkin! Jos deh karya Arleen A. kali ini. Kalian dapat membaca rekomendasi karya Arleen A. disini.

Untul novel ini, sepertinya iPusnas belum tersedia. Walaupun karya lainnya dari Arleen A. ada di iPusnas. Untuk novel ini kalian dapat membacanya melalui iJak! 

5. Jodoh Terakhir - Netty Virgiantini


Novel bertema perjodohan berikutnya berjudul Jodoh Terakhir dari Netty Virgiantini. Awalnya membaca ini karena tertarik dengan sinopsisnya. Agak tidak biasa. Masa belum apa-apa calon pembaca sudah disuguhi dengan kisah perjodohan paling ekstrim! Makanya awal meminjam novel ini tidak ada ekspektasi apapun. Hanya penasaran pada tokoh utama. Lalu bila bosan, bisa langsung dikembalikan :) wkwkwk kadang males banget berekspektasi, yang nantinya berujung menyakiti hati :')

Lalu... Saking asyiknya membaca novel ini, sampai baru dihalaman awal saja sudah ngakak, karena gaya bercerita dari penulisnya sangat-sangat-sangat kocak! Bagaimana bisa mendefinisikan pertengkaran kedua orangtuanya tapi bisa selucu itu! Dan terkesan sangat real life. Pertengkaran khas orangtua :D Aduh mengingatnya saja masih bisa tersenyum-senyum geli lho!

Tanpa sadar waktu sudah menunjukan dini hari menjelang subuh, akhir novel itu selesai juga! Memang bukan novel yang panjang, bahkan 200 halaman saja tidak ada. Tapi cerita dan intrik yang ada didalamnya sangatlah reasonable! Dan hal yang paling kuat adalah hal-hal terkait latar belakang kedua tokoh utama memang dibuat sangat kuat dan cukup mendetail. Walaupun dibeberapa bagian yang seharusnya agak sedih dan sedikit melo, yang ada tetap saja senyum-senyum geli membaca baris-baris kata yang ada. 

Sungguh novel yang tidak membosankan. Kadar lawaknya memang sedikit lebih banyak dari yang dianjurkan, tapi asyik juga membaca cerita yang padu-padan antara kesedihan, kebahagiaan, kekocakan, serta cinta, yang saling mendukung untuk membuat cerita menjadi lebih menarik dan sangat hidup. Ada dibeberapa bagian yang sedih, tapi masih saja dibalut lawak. Aduh, ini sih penulisnya yang memang suka ngelawak atau emang pembawaan tokoh utamanya yang susah dewasa? :D

Tapi kami sangat merekomendasikan novel ini!

Kami memang menyukai novel romence, tapi tidak semua novel romance memiliki tema perjodohan. Kami juga cukup selektif masalah bahan bacaan. Bila novel tersebut bagus, maka kami tak akan segan untuk memujinya. Tapi jangan salah bila cerita yang dikandung suatu novel memiliki dan mengandung hal-hal yang super klise dan sangat tidak menarik menurut kami, maka kami juga tak akan segan untuk tidak lagi melanjutkan proses membaca novel tersebut. Daripada dibuat gedek sepanjang cerita?

Namun setiap pembaca memiliki bacaan favoritnya masing-masing. Bila kalian merasa tidak sependapat dengan kami, tentu saja kami menerima hal tersebut. Hal ini karena setiap orang memiliki masing-masing sudut pandang dalam memandang segala sesuatu yang ada di dunia ini :)

Yups! Sekian dulu, curahan hati kami untuk postingan ini.

Sekian postingan dari kami. Apabila terdapat kekurangan maupun kelebihan dari postingan ini, mari kita diskusikan pada kolom komentar :)

Ohiya! Untuk postingan lainnya terkait rekomendasi novel, kalian dapat melihatnya disini :)
Nantikan terus postingan terbaru dari kami setiap hari senin dan sabtu pukul 09.00 WIB!


Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! keep literate!





See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.