Review: Lima Grup Co-ed Kpop, Salah Satunya dari SM Entertainment Lho!

Review: Lima Grup Co-ed Kpop, Salah Satunya dari SM Entertainment Lho!


Oke, sebelumnya pada postingan ini, kami telah menyebut bahwa industri musik Kpop memiliki varian grup selain girl grup dan boy grup, yaitu ada yang namanya co-ed grup. Postingan ini akan membahas lebih lanjut hal terkait co-ed grup.

Pada postingan kali ini kami telah menyusun lima co-ed grup Kpop. Penasaran ada apa saja dalam lima daftar kami? Apakah grup favoritmu juga masuk list kami? Mari kita bahas :)




Sebelumnya, for your information, tidak semua grup co-ed Kpop, kami masukan. Ya karena memang judulnya saja lima grup hehehe, oke hanya bercanda. Namun daftar co-ed grup yang kami cantumkan ini, kami seleksi untuk yang masih aktif atau yang tahun aktifnya hingga tahun 2016. Kenapa 2016? Karena KARD pre-debut tahun 2016. Kenapa KARD? Karena, KARD merupakan co-ed grup baru yang terlihat menjanjikan, karena belum debut tapi sudah konser. Kenapa menjadi acuan? Karena co-ed grup Kpop biasanya hanya dikenal di kalangan Kpoper. Tapi KARD belum official debut saja mereka sudah konser di beberapa negara di Amerika. 

Nah untuk kalian yang masih terbilang cukup baru menyukai jagad per-Kpop-an, kalian wajib banget mendengarkan lagu-lagu dari co-ed grup. 

Mari kita simak lima daftar co-ed grup yang telah kami rangkum, sebagai berikut:


1. MFBTY




Duh siapa sih Kpoper sejati yang nggak tahu co-ed grup legend ini. Tapi tenang kami tetap akan menjelaskan MFBTY secara ringkas, padat, dan jelas. MFBTY akronim dari My Fans (are) Better Than Yours. MFBTY memiliki tiga member, yaitu Tiger JK, Yoonmirae (Tasha), dan Bizzy, dengan membawakan jenis musik hip-hop. 

Grup ini awal dibentuknya hanya karena candaan yang dilakukan oleh Tiger JK di akun Twitternya. Namun akhirnya nama MFBTY yang dijadikan candaan ini menjadi nama trio yang sudah bekerjasama selama enam tahun, dan trio ini juga menyetujui untuk membentuk project grup, serta ketiganya juga merasa nyaman saat bekerjasama. MFBTY akhirnya debut pada tahun 2013 dengan lagu debut Sweet Dream

Namun masih di tahun yang sama MFBTY memutuskan untuk keluar dari agensinya yaitu Jungle Entertainment ke agensi bentukan mereka yaitu Feel Ghood Music. Nama MFBTY pun diganti menjadi Drunker Tiger. Namun nama MFBTY ini akhirnya kembali digunakan. 

Selama debut dari tahun 2013 hingga sekarang MFBTY telah memiliki dua album, yaitu The Cure (2013) dan Wondaland (2015). Masih penasaran? Harus dong, kalian dapat melihat video-video mereka di Youtube. Buat kalian yang suka dengan genre musik hip-hop wajib banget kepoin MFBTY lebih lanjut. Mereka ini legend bung.

2. Urban Zakapa




Lanjut ke co-ed grup berikutnya, yaitu Urban Zakapa. Duh kami sangat merekomendasikan lagu-lagu yang dibawakan oleh Urban Zakapa ini. Untuk kamu yang ingin mendengarkan musik yang sendu dan membuat galau, atau memiliki unsur feeling blue yang kuat, maka lagu-lagu Urban Zakapa ini pilihannya. Selain itu MVnya juga bagus-bagus. Wah... perasaan feeling blue-mu akan tersalurkan deh (apaan sih? Feeling blue tersalurkan, duit aja kali yang disalurkan. Heran).

Dan lebih feeling blue lagi kalau kalian tahu bahwa Urban Zakapa telah banyak kehilangan member mereka. Ah kalau yang ini kami tidak mau membahasnya, jadi feeling blue beneran lagi, padahal masih banyak artikel yang harus kami selesaikan.

Lanjut, nama unik Urban Zakapa. Pasti kalian akan merasa asing dengan nama ini, apalagi buat Kpoper, kata urban masih lumayan wajar atau kita sudah sering mendengar kata tersebut. Tapi kalau zakapa? Nggak terlalu Korea gitu kan? Yups! sama, kami juga awalnya berpendapat serupa. Ternyata oh ternyata, zakapa ini akronim dari zappy+kaleidoscopic+passionate. Oke. Bagus dan kreatif juga yaa :D

Lanjut mereka debut pada tahun 2009, dan pada tahun 2012 Urban Zakapa menjadi trio. Dengan dua member laki-laki dan satu member perempuan. Iya mereka adalah Kwon Sunil, Park Yongin, dan Jo Hyunah. Genre musik mereka adalah RnB dan ballad. Dan kami suka banget sama lagu-lagu balladnya, duh sangat menyentuh dan bagus sekali. Dari tahun 2009 hingga tahun 2016, mereka berada di bawah naungan Fluxus Agensi, lalu pada tahun 2016 hingga sekarang Urban Zakapa pindah agensi ke MakeUs Entertainment dan masih tetap menggunakan nama Urban Zakapa.

Mari kita lanjutkan ke-list berikutnya.

3. Akdong Musician (AKMU)




Jadi sebenarnya mereka ini co-ed grup? Atau duo musisi? Hmmm...

Yups, kita masukan saja di bagian co-ed gru, karena itulah yang sedang kita bahas saat ini :D 

Mereka terdiri dari dua orang (yaiyalah), kakak-beradik Lee. Lee Suhyun dan Lee Chanhyuk. Mereka berada di bawah naungan YG Entertainment. Duh siapa sih Kpoper yang nggak tahu YG Entertainment. Sebelum mereka bergabung dengan YG Entertainment, mereka menjadi pemenang dari pencarian bakat serial K-pop Star musim kedua.

Mereka debut pada tahun 2014 dan telah memiliki tiga album, yatitu Play, Spring, dan Winter. Genre musik yang dibawa oleh AKMU ialah soul, dan folk-pop. Cocok banget dong dengan selera musiknya orang Indonesia akhir-akhir ini yang lagi gandrung banget sama genre musik folk-pop.

Lagu-lagu AKMU ini, cocok banget menemani saat kamu sedang santai atau menemanimu saat sedang mengerjakan tugas tapi membutuhkan lagu yang enak didengar dan sangat ear-catching :D

Sampai saat ini AKMU masih aktif dalam bermusik dan masih menghasilkan lagu-lagu yang ear-catching. Bahkan mereka juga telah banyak mendapat berbagai penghargaan.

4. Triple H




Lanjut ke grup selanjutnya yang baru debut tahun 2017, dengan beranggotakan tiga member dari satu agensi yang sama. Dan kalian pasti sudah tidak asing dengan Hyuna 4Minutes dan dua member Pentagon (Hui dan E'Dawn). Mereka berada di agensi Cube Entertainment.

Dari tahun 2017 hingg tahun 2018 mereka telah membuat dua mini album, yaitu 199X dan Retro Futurism. Ketika mereka sedang mempromosikan mini album kedua mereka, E'Dawn dan Hyuna mengumumkan bahwa mereka sebenarnya sudah berpacaran selama dua tahun.

Lalu, bagaimana nasib mereka sekarang?

Hmmm, menurut suatu teori, sebenarnya mereka membentuk co-ed grup ini karena meningkatnya fenomena co-ed grup yang dibawa oleh KARD sejak tahun 2016, dimana KARD diketahui pada saat itu belum debut namun telah banyak dikenal dan banyak memiliki fans internasional. Maka untuk menanggapi fenomena tersebut Cube Entertainmen pun membuat co-ed grup. Nah untuk nasibnya saat ini, kami kurang tahu, karena diketahui bahwa Hyuna dan E'Dawn pindah agensi.

Silahkan kalau kalian penasaran dengan musik mereka, kalian wajib melihat MV mereka.

5. Collaboration Red Velvet-NCT Dream (Yeri, Jeno, Jaemin, dan Renjun)




Wah ini nih! Akhirnya SM ikut menyemarakan jagad per-co-ed-an di Kpop. Melalui lagu Hair in The Air yang dibawakan oleh Yeri, Renjun, Jaemin, dan Jeno. Tentu saja banyak fans yang merasa terkejut dengan kolaborasi yang dilakukan SM kali ini.

Lagu yang mereka bawakan juga sangat-sangat-sangat ear-catching. Belum lagi kombinasi vokal Yeri dan Renjun yang lembut dan imut, dengan rap Jaemin dan Jeno yang keren, cepet, dan merepet. Lagu mereka sangat imut yang dibalut dengan MV yang imut juga, bahkan dari tingkah trio NCT, juga suara lembut Yeri, yang biasa dikenal sebagai rapper di Red Velvet.

Tentu saja, kami sebagai fans, eh emmm... tentu saja kami juga masih menunggu collab antar gru lainnya dari SM ataupun kelanjutan dari YJJR :D hehehe.

Kalian wajib banget nonton MV mereka. Lagu ini sangat cocok untuk menemani waktu santaimu ataupun untuk mengisi ruang sepimu, kalau kamu tipe orang yang nggak suka keadaan sepi dan suka ada suara tapi tidak ingin terlalu mengganggu.



Oke, sekian dulu postingan dari kami.

Nantikan selalu postingan terupdate dari kami yang lainnya :D




See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World














Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.