Light Research: CoffeeFacts, Rangkuman Fakta-fakta Menarik Tentang Kopi yang Harus Kamu Tahu!

Light Research: CoffeeFacts, Rangkuman Fakta-fakta Menarik Tentang Kopi yang Harus Kamu Tahu!


Kami tertarik untuk menuliskan tentang secuil penelitian terkait kopi, di hari minggu yang sangat panas pada bulan November. Heran kami, kenapa masih tetap panas seperti ini ya? Jadi ramalan kami kalau bulan November akan hujan salah dong, kalian dapat membaca postingan tersebut disini. Saat ini kami sedang asik mengobrol sambil minum kopi di hari minggu di basecamp kami yang sempit dan panas, belum lagi kipas angin kami juga sudah mati, tidak kuat menahan beban yang semakin berat.

Oke lanjut, itu hanya ocehan kami yang masih terus menebak-nebak kenapa suhunya masih tetap panas dan belum turun juga.

Salah satu admin kami pernah membaca novel yang mengupas kopi dengan cara yang sangat apik, bahkan setiap macam kopi dalam novel tersebut merepresentasikan pribadi orang yang memilihnya. Ceritanya sangat segar, lucu, dan menambah wawasan kami kalau jenis dan macam kopi ada banyak, bukan hanya kopi tubruk, kopi item, kopi saset, kopilih dia dari pada aku (ahem).

Kalian dapat membaca postingan salah satu admin kami disini, dia pernah mereviewnya. Nah jadi kami disini terinspirasi untuk membuat tulisan terkait fakta-fakta tentang kopi, karena kebetulan kami disini bukan lagi pecinta kopi, tapi kami menjunjung tinggi kopi, apalagi kopi yang harganya murah meriah alias kopi saset :D oke kami hanya bercanda.

https://pin.it/xy7xm7lszhs2kv
pinterest.com

Pertama-tama mari kita membahas definisi kopi.

Kopi merupakan produk minuman yang dihasilkan dari proses penyeduhan biji kopi yang telah disangrai, yang kemudian ditumbuk hingga halus dan menjadi bubuk kopi. Ada dua jenis kopi yang dikenal di masyarakat, yaitu kopi arabika dan robusta. Namun kopi arabika disebut memiliki cita rasa diatas kopi robusta. Serta banyak yang lebih menyukai kopi arabika. Untuk kalian yang penasaran dengan perbedaan kedua jenis kopi tersebut, kalian dapat membaca perbedaan kedua kopi disini.

 Agar kalian lebih menghargai kopi dan dapat menikmatinya hingga tetes terakhir.

Kopi yang sedang kalian nikmati saat ini, telah melalui proses yang sangat panjang. Ingin tahu sepanjang apa? Ya, jadi kopi yang enak yang sedang kalian nikmati itu diawali dari proses menanam biji kopi. Ingin tahu itu seberapa lama. Lama, lama sekali. Menanam bukanlah proses yang membutuhkan waktu sebentar, namun cukup lama, belum lagi menunggu untuk berbuah dan dapat dipetik. Belum dipetik tapi sudah dimakan duluan sama luwak. Eh jadinya luwak white coffee :D

Ya, dipetik dan diolah. Ada yang diolah secara tradisional dengan cara disangrai dan ditumbuk hingga halus. Proses ini terdengar biasa saja tapi sungguh proses ini sangat berat, iya berat untuk yang kebagian jatah menumbuk.

Namun saat ini alat atau mesin kopi sudah banyak dan memiliki berbagai ragam dan jenisnya. Asal memiliki biji kopi ditambah mesin kopi, kalian dapat menciptakan kopi yang enak dengan waktu yang singkat. Konsep inilah yang digunakan para pemilik coffee shop. Mereka memiliki modal untuk membeli alat yang pada akhirnya membuat harga kopi yang dijualnya lebih mahal ketimbang kopi yang dibuat di warung kopi pinggir jalan, yang paling banter bikin kopinya dari kopi saset diseduh dengan air panas atau hangat.

CoffeeFacts

1. Kopi pertama kali ditemukan oleh penggembala kambing

Hal ini karena penggembala kambing tersebut terheran-heran kenapa kambingnya terlihat menjadi lebih bersemangat. berenergi, dan lincah. Akhirnya si Penggembala Kambing pun penasaran dan mengikuti si Kambing. Sehingga si Penggembala Kambing itu pun menyimpulkan bahwa kambingnya menjadi lebih lincah bukan karena kesambet tapi karena memakan semacam berry. Yups.



2. Kopi termasuk keluarga berry

Meskipun disebut dengan nama coffee beans atau biji kopi, namun kopi atau bijinya itu termasuk dalam keluarga berry. Wow ini fakta yang masih sulit kami proses. Kopi=berry, kopi termasuk keluarga berry. Tapi kopi disebut biji kopi, bukan berry kopi. Hmm...



3. Kopi dapat menambah stamina 

Yups, berdasarkan fakta nomor satu, tentu saja hal ini juga berpengaruh pada manusia. Jadi manusia akan merasakan adanya kelebihan energi dalam diri setelah meminum kopi. Hal ini dibuktikan pada salah satu penelitian terkait kopi, yang mana pada penelitian tersebut percobaan dilakukan pada atlet atau olahragawan, yang mana setelah meminum kopi atlet atau olahragawan tersebut mengalami peningkatan energi atau stamina.



4. Manfaat kopi bukan hanya untuk laki-laki namun perempuan juga

Jadi kopi biasanya diidentikan dengan laki-laki, bahwa ketika dikonsumsi kopi akan menambah energi maupun stamina bagi yang meminumnya. Namun penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa kopi juga berpengaruh untuk perempuan, serta meningkatkan energi dan stamina. Jadi cocok banget nih kopi untuk kalian para pekerja kantoran yang butuh lembur disaat deadline menumpuk. Untuk hasil yang lebih baik minum saja kopi hitam, walaupun kopi hitam tidak dapat dikonsumsi semua orang, karena kandungan kafein dari kopi hitam yang banyak, dapat menyebabkan beberapa orang akan merasakan jantung berdegup semakin kencang dan keras. Jadi hati-hati dalam memilih kopi, dan pastikan kopi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. 



5. Kopi merupakan komoditas terbesar di dunia dan Indonesia

Memang bukan terbesar pertama, namun komoditas kopi berada di peringkat sekitar lima hingga dua, baik dunia maupun Indonesia. Belum lagi karena konsumsi orang-orang akan kebutuhan kopinya yang meningkat. Beberapa negara penghasil kopi terbesar seperti Brazil, Vietnam, maupun Indonesia. 



6. Kopi termahal dihasilkan dari cat poop!

Oww :O Oke jadi fakta ini terkait dengan kopi luwak, ya maksud dari cat poop adalah yaa you know what we mean. Kopi luwak dari Indonesia merupakan kopi termahal yang ada di dunia saat ini. Wah, kami jadi agak bangga karena kami pengabdi kopi luwak :D hahha kami sultan dong, dasar maksa banget pengen jadi sultan -_- modal kopi saset doang.




7. Orang Eropa sangat menyukai kopi

Jadi warga yang tinggal di Eropa ternyata sangat antusias dan senang dengan kopi, bahkan rata-rata konsumsi mereka lebih banyak di banding warga yang tinggal di USA. Hmmm... nggak heran sih karena Eropa kan mencakup banyak negara dan memiliki penduduk yang banyak bila di total.



8. Finlandia memiliki konsumsi kopi tertinggi di dunia

Ini dia negara yang menyebabkan Eropa menjadi benua yang sangat menyukai kopi, karena eh karena si Finlandia. Yups, Finlandia mungkin bukan negara penghasil kopi, namun mereka memiliki konsumsi kopi tertinggi. 




9. Kopi dapat digunakan untuk bahan bakar mobil

Salah satu penelitian terkait kopi baru-baru ini menyatakan bahwa kopi yang telah diolah menjadi biodiesel dapat digunakan untuk bahan bakar mobil. 




10. Brazil, negara terbesar yang memproduksi kopi di dunia

Bukan Indonesia ternyata negara dengan produksi kopi terbesar. Namun negara dengan produksi kopi terbesar ada di Brazil, dengan menghasilkan 40% produksi kopi di dunia. Mantul.

Fakta unik dari kopi yang lainnya adalah, kopi yang biasanya hanya digunakan oleh orang-orang untuk mencegah ngantuk atau setidaknya memperpanjang masa sadar, ternyata memiliki khasiat yang lain lho. Ingin tahu? Berikut secuil rangkuman dari kami:

> Bubuk kopi saset dapat dijadikan untuk masker untuk mencabut bulu-bulu halus dikulit. Jadi biasanya kan untuk mencabut bulu-bulu halus menggunakan campuran bahan antara madu dan lemon, tapi ternyata kopi saset juga bisa, tinggal dicampurkan dengan madu dan panaskan.

> Ampas kopi hitam dapat digunakan untuk maskeran, baik untuk muka maupun untuk tubuh. Selain itu ampas kopi juga dapat menghaluskan telapak tangan yang kasar maupun yang kapalan. Silahkan dicoba.

> Bubuk kopi hitam dapat dijadikan masker, tinggal dicampur dengan bahan tambahan lainnya seperti susu bubuk maupun telur atau yaah campur saja dengan bahan yang menurut kalian berkhasiat untuk mempercantik kulit kalian. Hasilnya akan lembut, halus, glowing bersinar. Jadi ketika kita menggunakan kopi sebagai masker wajah, secara otomatis kopi akan menghaluskan tekstur wajah, selain itu bila digunakan banyak-banyak disekitar bawah mata dapat mengurangi mata panda. Kopi dapat mengangkat sel kulit, itulah kenapa setelah menggunakan kopi untuk masker kulit, secara otomatis kulit akan terasa kenyal, halus, lembut. Jadi jangan buang bekas ampas kopi, maupun bagi kalian yang tidak doyan kopi sekalipun, kalian bisa banget tetap membeli kopi untuk merawat diri. Apalagi bukannya sudah banyak masker yang menggunakan kopi. Akan lebih bagus kalau kalian menggunakan kopinya secara langsung. Lebih murah dan pastinya tetap cantik.

pinterest.com

> Selain manfaatnya untuk mencegah kantuk, maupun untuk kecantikan, ternyata kopi dapat meningkatkan fungsi otak serta memperbaiki mood. Cocok diminum untuk para moodist.

> Ini juga, salah satu khasiat kopi dapat mengurangi atau meredakan sakit kepala. Ketika kita pusing atau kepalanya sakit atau pusing atau sakit kepala atau pusing, gitu aja terus. Yah dapat diredakan dengan meminum segelas kopi. Untuk lebih mujarabnya sih buat versi hangatnya saja. Semoga lekas sembuh :)

Oke sekian dulu fakta-fakta terkait kopi yang berhasil kami rangkum, untuk postingan selanjutnya kami sedang menggarap tulisan jenis kopi berdasarkan sifat orang yang memesannya, dengan panduan novel The Espressologist. Maka tunggu saja postingan kami yang berikutnya. Kami sedang bekerja keras untuk menghasilkan postingan tersebut. Jangan lupa kunjungi chanel Youtube dan Pinterest kami :D

Have a nice day.



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World














Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!