Light Research: Daftar Situs Jurnal Ilmiah - Gregorius Chandra | Jurnal Ilmiah

Light Research: Daftar Situs Jurnal Ilmiah - Gregorius Chandra | Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah, sudah bukan istilah asing bagi akademisi. Baik dosen, peneliti, staf perguruan tinggi, maupun mahasiswa. Bagi dosen ataupun peneliti, mencari jurnal ilmiah, sebagai referensi tulisan ilmiahnya sudah bukan hal sulit lagi. 

Tapi bagaimana dengan mahasiswa? Walaupun sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal ilmiah. Namun bukan perkara mudah mencari jurnal ilmiah, bahkan walaupun kampus telah menyediakan anggaran khusus untuk melanggan jurnal internasional, masih saja jurnal-jurnal yang dilanggan tersebut kurang maksimal dalam pemanfaatannya.


Kesulitan lainnya dari mencari jurnal ilmiah adalah salah satu kriteria yang melekat pada jurnal. Reputasi. Yups, jurnal ilmiah yang bereputasi tentunya hasil-hasil penelitian yang dipublikasikannya sudah jelas terpercaya, dibanding jurnal ilmiah yang belum memiliki reputasi, bahasa mudahnya, belum terakreditasi kali yaa. Atau nilai akreditasinya masih jelek.

Hal ini dikarenakan, banyak sekali jurnal ilmiah yang memiliki tujuan profit. Alias mencari keuntungan. Sehingga artikel penelitian yang dipublikasikan sering kali perlu dipertanyakan kevaliditasannya. Istilah populernya, ialah jurnal predator. Pada jurnal predator tersebut, mereka hanya mementingkan fee yang diberikan oleh peneliti pada mereka. Sehingga proses peer-review seringkali menjadi tanda tanya? Siapa ahli yang menjadi salah satu tim peer-review?
Peer-review diperlukan sebelum artikel ilmiah dipublikasikan. Proses ini dapat memakan waktu yang cukup lama, sehingga banyak peneliti, yang memanfaatkan jurnal ilmiah yang dapat memberikan jaminan segera dipublikasikan, dan prosesnya pun terbilang cepat.

Jadi penting kiranya untuk mahasiswa (terkhusus), maupun peneliti awal, yang sedang bingung mencari jurnal ilmiah yang dapat dijadikan sumber referensi penelitian, namun sumber tersebut dapat dipercaya. 

Yakali, sudah pusing memikirkan tulisan sendiri, eh masih dipusingkan dengan hal-hal berkaitan referensi.

Buku Daftar Situs Jurnal Ilmiah - Gregorius Chandra


Deskripsi Buku

Blurb

Review Buku

Pada kesempatan ini, kami beruntung sekali menemukan buku tersebut. Hmm. Lebih merasa beruntung lagi apabila buku ini kami temukan saat masa-masa skripsi. Ups. Buku ini cocok sekali bagi kalian, yang saat ini sedang dilanda kebingungan mencari sumber referensi ilmiah. 

Buku ini memuat daftar yang cukup lengkap terkait jurnal-jurnal ilmiah yang sudah diklasifikasikan berdasarkan subjek ilmunya. Dengan kalian memiliki buku ini, sudah bisa dipastikan kalian memiliki kitab untuk maju perang, karena kalian sudah memiliki daftar jurnal-jurnal ilmiah. 

Bahkan buku ini selain memuat daftar jurnal, ada pula konten lainnya yang menarik, seperti... (berbisik) pembahasan terkait beasiswa. Hmm. Dan masih ada yang menarik lainnya. So, tunggu apalagi kalian? Just go to iPusnas and lend this book! Gratis.

Sekian dulu postingan dari kami, kurang dan lebihnya mohon maaf. Nantikan rilis postingan terbaru setiap hari Senin dan Sabtu pukul 09.00 WIB.

Postingan ini kami buat karena kami terinspirasi dari buku Misteri DNA karya Kazuo Murakami. Selain mengembangkan Menu Light Research, kami juga tidak ingin ketinggalan topik-topik terpanas seputar dunia ilmiah (science). Maka, untuk kedepannya, kami akan lebih memperhatikan Menu Light Research.

Nantikan postingan terkait Light Research lainnya. Kami berencana membuat postingan khusus untuk membahas cara mengetahui atau menilai suatu jurnal ilmiah. Apakah jurnal tersebut bereputasi, atau hanya jurnal abal-abal alias predator? Penasaran? Nantikan postingan kami ( ꈍᴗꈍ).




Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!










See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World













Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!