Kelas Kreatif: Membuat Komik Sederhana di Madibang untuk Pemula maupun yang Belum Mahir Menggambar | Tutorial Membuat Komik Sederhana (PART 1)

Kelas Kreatif: Membuat Komik Sederhana di Madibang untuk Pemula maupun yang Belum Mahir Menggambar | Tutorial Membuat Komik Sederhana (PART 1)


Estimasi baca: delapan menit

Haloooo~ kembali lagi dengan menu Kelas Kreatif! Horeee~ langsung saja postingan ini akan memberikan langkah-langkah membuat komik sederhana, dengan memanfaatkan aplikasi Madibang. Yuk langsung saja baca hingga selesai!


Postingan ini akan memberikan langkah-langkah membuat komik sederhana bermodalkan aplikasi Madibang.

Pertanyaannya, komik sederhana yang bagaimana?

Jawabannya (☞゚∀゚)☞ yang menggunakan dua panel dan empat panel. Panel ini maksudnya jumlah bingkai yang digunakan. Sering kita lihat komikus di Instagram yang menggunakan panel sederhana untuk membuat konten di akunnya. Sebenarnya penggunaan panel yang sederhana dapat memudahkan komikus atau si pembuat, selain itu panel sederhana cenderung memberikan perhatian utama (fokus) pada maksud (pesan) yang ingin disampaikan. Namun banyak juga yang senang menggunakan panel banyak dengan garis perpotongan yang rumit, bisa kita temukan di komik Jepang (manga). Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat memberikan fokus pada gerakan yang dilakukan (action). Untuk komik digital semacam Webtoon bentuk panel yang digunakan ialah sederhana dengan cara pembacaan di scroll ke bawah-atas (bottom-up).

Komik empat panel di Instagram
(@komiklokalindonesia)

Komik Jepang (Manga)
(Detektif Conan Buku 75)

Webtoon The Secret of Angel
Komik digital (webcomic)



Unsur sederhana:
1. Menggunakan dua atau empat panel
2. Tanpa gambar background khusus (polos)
3. Gambar simpel
4. Pesan (yang ingin disampaikan) mudah dipahami



Oke langsung saja mari kita mulai membuat komik sederhana!

Siapkan:
1. Gambar
2. Alur cerita
3. Madibang
4. PicsArt
5. Kreativitas

Langkah-langkah:

Langkah-langkahnya akan sama, hanya saja berbeda jumlah panel. Hal ini mengharuskan komikus atau si pembuat dapat membuat cerita secara ringkas dengan pesan yang mudah dipahami (pesan tersirat atau tersurat).

Komik sederhana dua panel
1. Siapkan rencana (kerangka) cerita, bisa digambar secara kasar (coret-coret) pada buku atau dengan menyusun gambar di PicsArt.
2. Menggambar karakter (unsur yang nantinya akan di masukan dalam komik) semuanya terlebih dahulu, silahkan klik link di bawah ini! Sudah termasuk video, atau kalian dapat langsung menelusur pada chanel Youtube Journal Creative World :D
3. Setelah semua gambar siap, saatnya menyusun gambar-gambar tersebut menjadi komik.




Proses sketching 

Untuk proses membuat komik, akan kami berikan sedikit footage-nya melalui screenshot. Untuk versi lengkap dan jelasnya silahkan langsung lihat saja pada video yang akan kami sertakan pada postingan selanjutnya (part 2). Hal ini agar lebih memudahkan pembaca sekalian dalam melihat proses pembuatan komik :)



Proses memasukkan gambar pada bilah panel. Untuk melihat bagaimana cara membuat bilah panel, kami ada satu video khusus cara membuat bilah panel :)


Setelah menghapus bagian yang memotong pada bilah panel.


Membuat balon dialog secara manual dengan menggunakan pen (sharp). Sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah dirasa sudah cukup, langkah selanjutnya adalah melanjutkan proses edit melalui PicsArt.


Proses memasukkan teks pada komik (PicsArt).


Setelah memasukkan teks pada balon dialog dan menambahkan judul dan teks lainnya. Silahkan simpan jika dirasa hasil sudah sesuai.

Jadi, seperti itulah kira-kira langkah-langkah dalam membuat komik sederhana. Dengan kemampuan menggambar yang minim atau masih pemula (newbie). Gimana langkah-langkah yang kami berikan ini? Apakah terlihat (terbaca) sulit dan susah dipahami? Bila sulit dipahami, jangan sungkan untuk berkomentar ya :)

Catatan: Ohiya! karena postingan ini sudah cukup panjang dan mungkin sedikit membingungkan, maka kami akan membuat tutorial komik empat panel (part 2) pada postingan yang berikutnya saja :) agar tidak menambah bingung. Lalu untuk video yang kami janjikan, akan kami unggah bersamaan dengan postingan membuat komik empat panel (part 2). Tenang saja, akan segera kami unggah pada hari Sabtu :') Sesuai jadwal rutin rilis postingan kami :) 


Sabtu ini tutorial komik empat panel (part 2)!





26 September 2020





Stay health, stay beauty, stay creative and stay literate


Semoga harimu selalu menyenangkan! 

Keep creative! Keep literate!



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World











© Journal Creative World 2020

Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!