Light Research: Cara Mengunduh Jurnal Internasional Secara Gratis!

Light Research: Cara Mengunduh Jurnal Internasional Secara Gratis!



Selamat tahun baru untuk semua yang saat ini sedang membaca postingan kami ini. Bagaimana liburan akhir tahunnya atau lebih tepatnya liburan tahun barunya? Sudah puas? Oke, setelah liburan kita tentunya disambut dengan tumpukan tugas dan deadline yang menggila. Untuk yang saat ini sudah bekerja, selamat menikmati deadline awal tahun. Tapi semangat awal tahun dan resolusi baru dapat memberikan percikan semangat kan? :)

Untuk mahasiswa-mahasiswa yang saat ini sedang banyak dikejar tugas dan deadline, ayooo kerjakan! Hehehe. Untuk mahasiswa pasti sudah biasa banget harus membuat sebuah artikel atau tulisan ilmiah ringkas, yah kalau di bahasa Inggris-kan mungkin jadinya seperti ini, light research. Wehehehe kayak menu ini saja ya (bercanda).


Oke, langsung saja, kami ingin berbagi pada mahasiswa-mahasiswa yang saat ini sedang pusing-pusing mencari bahan referensi untuk tugasnya. Kalian tidak sendirian, karena setiap mahasiswa akan melalui proses ini. Bukan hanya membuat artikel, namun juga proposal penelitian, hingga membuat penelitian. 


Bahan referensi yang dicari oleh mahasiswa biasanya tidak hanya berkutat pada buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan saja. Namun biasanya perpustakaan di lingkungan akademis (civitas academica) juga menyediakan sambungan internet yang dapat digunakan untuk mengakses jurnal-jurnal yang telah dilanggan. Bisa jurnal internasional, maupun jurnal nasional. 

Nah, jurnal-jurnal yang dilanggan ini, biasanya untuk mendapatkan artikel dalam jurnal tersebut seseorang perlu melakukan pembayaran kepada jurnal tersebut. Baik, untuk membeli per jurnal atau per artikel. Tapi namanya juga mahasiswa, untuk makan saja sudah pas-pasan masak uangnya mesti dibagi lagi untuk membeli jurnal.

Dan itulah kenapa, setiap perguruan tinggi maupun fakultas atau program studi memiliki jurnal yang dilanggan, agar dapat diakses mahasiswanya. GRATIS. Tapi namanya juga mahasiswa kadang ada saja alasannya malas ke kampus, walaupun sekedar untuk nongkrong menggunakan WI-FI dan akses jurnal. Nah, untuk kalian kaum mahasiswa rebahan, tenang saja, untung kalian hidup ditengah teknologi yang berkembang pesat. 

Kalian dapat memanfaatkan website SCIHUB, website tersebut dapat kalian gunakan untuk mengakses artikel-artikel dari jurnal yang berbayar. Semuanya dapat kalian download secara utuh. Caranya bahkan mudah banget. 


Langkah-langkah:

1. Tentukan artikel dari jurnal mana yang ingin kamu unduh. 


Lalu copy doi-nya (untuk hasil yang lebih baik, pastikan ada doi-nya), atau bisa juga sih dengan copy judulnya (cuma terkadang agak sulit), dan bisa juga copy berdasarkan alamat situs (cara ini agak sulit juga). Tapi yang penting adalah usaha :)

2. Buka SCIHUB



Paste-kan hasil copy-mu pada kolom yang telah disediakan

3. Silahkan Save!




Setelah mem-paste doi, secara otomatis halaman website tersebut akan menunjukan artikel secara penuh (full article). Nah, kalian tinggal melakukan save. Tapi agar memudahkan ketika melakukan pencarian pada dokumen dan files-mu, ada baiknya kalian copy judul artikel tersebut sebagai nama hasil simpanan.

4.  Artikel tersimpan!


Artikel sudah tersimpan dan dapat digunakan. Selamat melakukan langkah tersebut pada jurnal-jurnal selanjutnya :)


Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! keep literate!





See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!