Review: Akhir Tahun dan Refleksi Blog | Mau Dibawa Kemana Blog Ini? | Akhir Project 2020

Review: Akhir Tahun dan Refleksi Blog | Mau Dibawa Kemana Blog Ini? | Akhir Project 2020 





Estimasi baca: lima menit

Desember beberapa waktu lagi akan mengantarkan kita semua warga penduduk bumi untuk melakukan perjalanan panjang, melelahkan, emosional, cepat, dan wow akhirnya tahun ini segalanya dapat kita selesaikan. Tahun ini kami sangat merasakan sekali perjalanannya. Memiliki blog ini, Journal Creative World, membuat semuanya terlihat lebih jelas. Bagaimana tahun ini kami jalani. Bahkan kami melihat perkembangan blog yang sedikit demi sedikit bergerak ke arah yang baik. Asyik.



Pada postingan ini, kami ingin berbagi refleksi blog dan cerita-cerita lainnya sebagai bentuk refleksi blog akhir tahun. Lalu rencana perjalanan blog ini ke depannya. Bukan suatu tulisan yang mudah untuk dituliskan dan dideskripsikan. Perlu tenaga lebih untuk meluruskan, menata ulang, dan menyulapnya menjadi kalimat yang lebih berbentuk, dapat dibaca, dan (syukur-syukur) mudah dipahami.

Pertama kita akan bahas perihal Journal Creative World secara menyeluruh. Blog yang awalnya kami buat karena merasa kurang puas dengan blog kami yang sebelumnya. Blog yang kami bangun awalnya dengan harapan dapat membuat kami semakin semangat untuk membuat tulisan berupa cerita pendek maupun artwork. Sudah kami lakukan, kami sudah menulis beberapa cerita pendek dan kami sudah merilis cerita bersambung yang akhirnya benar-benar harus kami sambung kembali ceritanya karena sudah terlalu lama terputus. Lalu kami sudah berhasil membuat artwork, walau belum bisa sebanyak yang kami inginkan, selain artwork kami juga berhasil membuat ruang mini komik, walau belum konsisten dalam perjalanannya. Selanjutnya kami bahkan memiliki ruang puisi yang sebelumnya belum pernah terpikirkan.


Lalu kami memiliki sudut Light Research yang awalnya cukup konsisten kami isi, dan beberapa waktu terakhir ini kami belum benar-benar mengisi Light Research seperti tujuan awal kami membuatnya. Kemudian kami menemukan hal yang menyenangkan melalui membaca yang kemudian menuliskan review-nya serta penilaian kami terkait bacaan yang kami baca tersebut. Dari hal inilah kami merasa tertantang untuk bisa menambah atau membuat diri kami konsisten membaca setiap bulannya. Lalu membuat tulisan reviewnya, untuk kemudian kami pilih dan riliskan dalam bentuk postingan untuk blog ini. Lebih menyenangkannya lagi ketika kami berhasil menyelesaikan bacaan kami di atas sepuluh buku. Walaupun kami sering menulis minimal membaca lima buku, tapi rasanya kami selalu tertantang untuk menyelesaikan lebih. Yah di sinilah kami memulai Project 2020.


Project yang bukan hanya menampung tulisan tentang review buku, namun tentang buku yang kami beli, buku yang ingin kami pinjam atau baca, rekomendasi buku, bahkan penulis dan buku terfavorit kami. Bukan hanya itu tapi terkait dengan perpustakaan digital yang kami gunakan. Project 2020 bahkan melingkupi keinginan kami membuat cerita dan komik, bahkan tulisan reflektif lainnya. Sungguh bukan project yang mudah dilakukan. Memerlukan banyak sekali perhatian dan fokus demi menjaga project tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Lalu ada pojok lain seperti JobSearch. Kami membuat pojok tersebut untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan melamar pekerjaan. Mulai dari bagaimana membuat cv, membuat surat lamaran pekerjaan, cara memilih pekerjaan yang di lamar melalui lowongan daring (online), bagaimana cara mencari kerja secara luring (offline), serta hal-hal lainnya terkait pekerjaan. Namun pojok tersebut masih belum dapat kami jalankan dengan baik, kami masih belum mengisinya dengan satu postingan. Huhu.


Lalu ada Podcast Journal Creative World yang awalnya cukup menjanjikan, kami dapat merilis setiap postingan bersama podcast-nya. Namun akhirnya project ini harus berhenti di tengah jalan, karena suatu kendala. Lalu akun Pinterest Journal Creative World yang terkadang mengalami kendala, sehingga kami tidak bisa melakukan pin postingan pada akun Pinterest kami. Akun Medium kami pun belum bisa kami berikan fokus dan perhatian. Sangat jarang kami rilis tulisan yang disertai gambar. Karena kami membuat akun di Medium untuk tujuan merilis tulisan berupa cerita yang disertai gambar.

Kedua, kita akan bahas perihal refleksi blog ini untuk menyambut tahun 2021. Berikut telah kami siapkan resolusi untuk blog ini.


Resolusi 2021

1. Kami akan melanjutkan membuat Project 2021
2. Setiap bulan satu postingan tentang Girls Talk
3. Setiap bulan satu postingan tentang rekomendasi
4. Setiap dua bulan postingan tentang Light Research (semoga bisa terealisasi)
5. Setiap saat ketika kami memiliki informasi yang menarik untuk dibagikan di pojok JobSearch
6. Melanjutkan memeriahkan pojok Story
7. Kami akan mengupdate bacaan kami melalui akun Instagram
8. Target Baca:
1. Menyelesaikan minimal 10 buku non-fiksi
2. Membaca 80 buku dalam satu tahun
3. Menyelesaikan novel lainnya dari Tess Gerritsen
4. Membeli novel Tess Gerritsen (minimal dua)


Nah seperti itulah resolusi kami untuk menyambut 2021. Mungkin akan lebih sulit namun kami akan berusaha. Ohiya, agar bisa lebih banyak mereview bacaan, pada project selanjutnya kami akan menulisnya secara ringkas, singkat, padat, jelas dan menarik. Hal ini agar review yang kami tuliskan bisa on point dan tidak terlalu panjang sehingga membuat bosan. Kalian dapat mengintipnya di sini. Hooyaaah! Doakan kami berhasil mengerjakannya dengan hati yang senang dan gembira-ria. Hehehe.


Ohiya berikut ini telah kami siapkan Project 2020 (Baca) yang akhirnya telah selesai kami lakukan. Bukanlah hal yang mudah namun sangat menyenangkan dan menarik sekali untuk dilakukan, dan diselesaikan.


Sampai jumpa di tahun 2021. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog ini! Kami selalu menunggu kunjungan dari kalian warga internet raya.

Ohiya, untuk bulan Januari kami belum bisa merilis postingan seperti biasanya, pada tanggal satu. Nantikan postingan terbaru kami setiap hari Senin dan Sabtu!



Stay health, stay beauty, stay creative and stay literate


Semoga harimu selalu menyenangkan! 

Keep creative! Keep literate!



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World











© Journal Creative World 2020

Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!