Review: Buku dengan Tema Falsafah Hidup Wong Jawa, Worth It Dibaca Nggak Sih? | Review Buku Indonesia

Review: Buku dengan Tema Falsafah Hidup Wong Jawa, Worth It Dibaca Nggak Sih? | Review Buku Indonesia 


Pada postingan kali ini, kami akan membahas salah satu buku yang belum lama ini kami pinjam. Buku tersebut berjudul "Mengenal Cerita-cerita Legenda di Tanah Jawa", yang secara spontan kami pinjam dari iPusnas. Lagi-lagi seperti pada postingan sebelumnya, kami teracuni oleh booktuber. Dimana di salah satu videonya dia memamerkan buku berjudul "Kisah Tanah Jawa". Kami yang penasaran, langsung mencarinya di iPusnas. Namun sepertinya buku tersebut belum tersedia. Jadi kami melakukan browsing lainnya. Dan kami menemukan buku yang saat ini akan kami bahas.

Buku ini, kami berikan nilai tiga bintang pada Goodreads (tapi ternyata bukunya nggak ada di list Goodreads, jadi hanya tiga bintang di awang-awang). Menurut kami buku tersebut menarik dan bagus. Bahkan berkat buku tersebut kami penasaran dengan buku-buku yang berkaitan dengan mitos maupun ajaran-ajaran orang Jawa (filosofi wong Jawa).
Buku Widya Ristanti - Mengenal Cerita-cerita Legenda di Tanah Jawa


Deskripsi Buku:

Blurb:



Review Buku:

Buku ini terdiri atas beberapa cerita yang diawali dari Jawa Barat dan berakhir di Jawa Timur. Tentunya beberapa cerita tersebut kami tahu bagaimana jalan ceritanya, karena memang ketika masih kecil sempat dijadikan dongeng oleh orangtua, atau ketika melihat tv (?), atau membaca dari buku saku (?) semacam buku yang memuat suatu cerita yang dibuat singkat, padat, dan jelas (dan ada ilustrasinya).

Namun sebagian cerita lainnya dari buku ini ada beberapa yang terasa baru dan bahkan belum pernah mendengarnya. Hmm... sedih pada diri ini. Cerita pada buku ini dibuat singkat, padat, dan diakhir dengan amanat cerita. Jadi menurut asumsi kami, buku ini tentunya (mungkin) dimaksudkan penulisnya untuk orangtua ketika memberikan cerita pada anaknya. Namun cocok juga dibaca oleh remaja maupun orang dewasa, karena setiap ceritanya memuat amanat yang dapat dijadikan sebagai pengingat orang Jawa dalam bertingkah laku.

Kekurangan dari buku ini menurut kami cerita yang disajikan terlalu singkat (?), entahlah atau memang model cerita-cerita tersebut memang singkat atau bagaimana, tapi yang jelas, memang terasa singkat. Tapi, untuk keseluruhannya sih menarik, dan dapat digunakan sebagai bahan cerita sebelum tidur anak-anak. Belum lagi setiap cerita memuat satu ilustrasi sederhana tentang cerita.
Lanjut curhat!

Nah berkat buku ini, kami jadi ingat salah satu penerbit yang sejak zaman SMA bukunya sangat ingin kami baca (miliki juga sih). Tapi saat kami cek lagi di iPusnas dan iJak, ternyata tidak ada. Huhuhu. Javanica. Wah buat orang-orang yang senang membaca segala hal berkaitan dengan ajaran Jawa, spiritual, dan mendalami serta menyelami arti kehidupan, pasti nggak asing dengan nama penerbit satu ini. Tapi sayang harga buku-buku yang diterbitkannya tergolong mahal. Dan jarang juga dapat ditemukan saat ada pameran buku (dan harganya turun jadi separuh gitu, misalnya hehehe).

Dan penerbit satu ini, kayaknya doyan banget menggoda iman para (calon) pembacanya dengan membuat tulisan-tulisan menarik, maupun kutipan-kutipan dari buku yang diterbitkannya. Kalau zaman dulu, kami tergoda melalui Facebook, maka saat ini kami tergoda melalui Instagram. Hmm, dan ketika ngepoin (?) (kepo) Instagram Javanica, aduh rasanya nggak bisa berhenti baca dari feeds yang mereka buat. Mulai dari foto yang diunggah, hingga caption-nya semuanya sangat menarik untuk dibaca. Wah gimana nih, rasanya ingin sekali membeli salah satu bukunya.



Sakinggggg pengennya membaca buku dari Javanica tersebut, akhirnya pada salah satu koleksi kami, kami menemukan buku terkait falsafah wong Jawa, yang tersaji dalam buku "Mengenal Wayang" karya Ardian Kresna. Kalau nggak salah buku tersebut kami dapatkan dari pameran buku dan harganya pasti nggak sampai Rp. 50.000,- hmmm... sepertinya begitu, karena cuma buku tersebut satu-satunya buku teks terkait falsafah hidup. Hehehe. Hmm... kami biasanya lebih senang membeli buku fiksi. Entah setan atau dedemit apa yang merasuki, akhirnya bisa membeli buku tersebut.


Nah penasaran gimana review kami untuk buku "Mengenal Wayang"? nantikan pada postingan berikutnya yaaa \(๑╹◡╹๑)ノ Yups, karena postingan ini hanya ingin mengeluarkan uneg-uneg terkait buku-buku Jawa. Dan kami saat ini sedang membaca buku "Mengenal Wayang", nantikan pada postingan Review Buku yaa, akan kami bahas pengalaman kami membaca buku tersebut.
Dan tentunya ini salah satu resolusi kami (?), nadzar (?), keinginan (?), cita-cita (?) atau apapun itu, kami akan membeli buku dari penerbit Javanica itu. Pokoknya jangan sampai lupa lagi (˘・_・˘). Ada banyak koleksi Javanica yang sebenarnya bikin pengen membacanya, salah satunya atau salah tiganya, atau salah semuanya (?) (-_-;) hmm... oke ada Suwung, Sastrajendra, The Story of My Life, Mahakurawa, Spontaneous Healing of Belief, The Biology of Belief, dan Spiritual Awakening. Oke banyak banget kan? Sedih ಥ‿ಥ karena harga buku-buku tersebut yang termurah Rp. 76.000,- dan itu pun sudah dapat diskon kalau nggak sekitar sembilan puluh ribuan. Wow. ༎ຶ‿༎ຶ.

Oke semoga salah buku dari Javanica bisa terbeli tahun ini amin (゚ο゚人)).



Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!







See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!