Review: Membedah Novel Karya Jose Saramago - Blindness dan Webtoon Karya Hooressha/Lim Jin Guk - Dead Life. Memiliki Cerita yang Memiliki Kemiripan Dengan Virus Corona? | Book Review Indonesia

Review: Membedah Novel Karya Jose Saramago - Blindness dan Webtoon Karya Hooressha/Lim Jin Guk - Dead Life. Memiliki Cerita yang Memiliki Kemiripan Dengan Virus Corona? | Book Review Indonesia


Akhir-akhir ini dunia sedang dibuat gempar dengan kabar virus yang sedang beredar di negara China. Virus tersebut bernama Novel Coronavirus (2019-nCOV) atau yang biasa disebut corona (korona). Sejak virus ini mulai ramai diperbincangkan, tak sedetikpun kami kepikiran untuk menyambung-nyambungkan kehadiran virus (yang mengkhawatirkan) ini, dengan salah satu novel maupun Webtoon yang pernah kami baca.

cover novel Blindness 

Novel tersebut berjudul "Blindness". Awal mula mulai kepikiran novel ini karena kami tidak sengaja melihat suatu postingan di Instagram (@kumparancom). Kami awalnya hanya membaca (sekilas) headlines yang tertera pada gambar yang di upload


Nah, karena menyebut-nyebut salah satu bentuk penyebaran tersebut melalui kontak mata, tentu saja, kami langsung kepikiran pada novel Blindness, yang memang menceritakan suatu wabah kebutaan misterius, yang tidak dapat diketahui bagaimana virus tersebut menyebar, serta bagaimana cara pencegahan, maupun pengobatan untuk pasien-pasien yang terjangkit virus tersebut.




Deskripsi buku dan sinopsis novel Blindness

Bisa dikatakan sebagai virus tidak yaa? Hmm. Intinya hal berkaitan dengan kebutaan mendadak yang terjadi secara mendadak, dan menyerang orang secara acak. Entah faktor apakah yang membuat orang terserang atau terjangkit kebutaan tersebut. Dimana kebutaan tersebut tidak seperti layaknya orang buta normal. Dimana penglihatan akan sepenuhnya terselubung awan gelap atau kegelapan sewajarnya orang normal menutup mata. Namun kebutaan yang menjangkiti orang-orang normal tersebut, sebaliknya. Kebutaan tersebut menutup penglihatan dengan warna seputih susu, sesilau cahaya matahari yang menerjang mata. Kebutaan yang begitu mencerahkan, namun begitu membingungkan. Membingungkan karena pada saat virus tersebut tersebar luas, dokter mata yang sedang melakukan mini research terkait virus tersebut, akhirnya terjangkit juga virus yang merenggut penglihatannya. 



Selain itu, orang-orang yang terjangkit oleh virus kebutaan tersebut, awalnya mereka yang tidak sengaja berpapasan dengan orang buta pertama, yang mendapati dirinya buta secara mendadak. Nah kontak penyebarannya sangat-sangat misterius kan? Tentunya hal ini menimbulkan kepanikan luar biasa. Chaos.

ilustrasi novel Blindness

Bahkan ketika para orang buta tersebut harus diisolasi dan dijauhkan dari dunia, dunia tidak serta merta aman, karena virus tersebut cepat sekali menjangkiti orang-orang lain. Bahkan tentu saja, karena lumpuhnya salah satu indera, dapat membuat kekacauan yang luar biasa. Terjadi chaos dimana-mana. Baik dilokasi para orang buta diisolasi, maupun ditempat-tempat lainnya.


Nah, bagaimana kami tidak menyambungkan cerita pada novel tersebut pada salah satu virus yang sedang membuat gempar warga dunia saat ini. Bahkan kabarnya virus korona ini sudah menyebarluas ke beberapa negara. Ngeri sih karena cara penyebaran virusnya juga masih misterius, entah melalui udara, atau sentuhan fisik antar manusia, atau malah benar melalui kontak mata(?). Hal ini masih menjadi kabar yang cukup simpang siur, karena dikabarkan dokter yang merawat para pasien virus korona ini bahkan akhirnya meninggal, karena terjangkit virus tersebut. Hmmm... entahlah kami merasa hampir banyak kesamaan yang terjadi diantara virus korona dengan cerita pada novel Blindness. (Namun sudah terkonfirmasi bahwa persebaran virus korona terjadi karena percikan, yang disebabkan ketika batuk maupun ketika bersin.). 
@kumparancom

Bahkan kegemparan akan virus ini membuat banyak orang khawatir, bahkan agak paranoid. Bagaimana tidak paranoid? Bila gejalanya virus korona ini, seperti sakit pada umumnya. Batuk, flu,  demam, dll. Bayangkan, orang-orang tidak akan kepikiran hingga ke virus korona bila gejalanya hanya seputar sakit yang umumnya diderita. Bukan sakit keras, dengan ciri-ciri khusus. Namun ini agak mengkhawatirkan memang. Bagaimana mungkin sakit semacam flu dan batuk dapat menyebabkan orang yang terserang virus tersebut meninggal. Kabar terkait virus korona memang sedang hangat dan menjadi topik pembicaraan yang seru. Namun hal ini mulai mengkhawatirkan, bila persebarannya secepat itu. (Tapi sudah terkonfirmasi lagi, bahwa sebenarnya persebaran virus korona ini memang cepat, namun tidak setiap orang yang tersuspect virus ini, dapat dipastikan akan meninggal dunia. Semuanya tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing orang.).


Pada novel diceritakan bahwa akhirnya hampir semua orang mengalami kebutaan putih tersebut. Kecuali istri dokter mata. Entahlah, apakah ia mesti merasa bersyukur karena tidak buta atau sebaliknya. Tentunya karena dia menyaksikan sendiri bagaimana chaos terjadi diantara orang buta. Dan dia sendiri tidak dapat melakukan apapun, demi menjaga dirinya aman. Hal ini karena dia juga ikut suaminya terisolasi di sebuah rumah sakit jiwa yang sudah tidak difungsikan lagi. Dimana para orang buta tersebut dikumpulkan dan dibiarkan menggunakan fasilitas yang ada. Namun fasilitas yang ada hanya rongsokan belaka. Semacam mereka digiring ke neraka kecil, yang terjadi karena mereka kehilangan indera penglihatan mereka. 


Virus korona juga telah menyebabkan lumpuhnya kota Wuhan, yang diduga sebagai awal dari tersebarnya virus ini. Dimana kegiatan warganya dibatasi hanya didalam rumah. Kalian tahu betapa sepi dan mengerikannya hal tersebut? Ini semacam penjara kecil bagi warga di kota Wuhan, bahwa gerak mereka dibatasi dan terbatasi. Namun apa mau dikata, mereka juga terpaksa harus mengikuti perintah, bila tidak ingin terserang virus. 

Webtoon Dead Life

Virus korona ini, selain mengingatkan kami pada novel Blindness, mengingatkan kami pada Webtoon berjudul "Dead Life" karya author Hooressha/Lim Jin Guk. Dimana memang virus yang menjangkiti mereka lebih ekstrim sih, karena bila mereka tidak berhati-hati, mereka bisa di gigit zombie dan menjadi zombie. Tahu kan gimana chaos virus zombie yang ada di Webtoon tersebut? Yups, terjadi kekacauan, yang berujung pada pengisolasian manusia masing-masing, demi menjaga diri mereka dari serangan zombie. Chaos terjadi dimana-mana, dan tanpa kepastian maupun kejelasan nasib orang-orang yang mengisolasi diri mereka.


Ada benang merah yang saling menyangkut dan terkait diantara Webtoon Dead Life, Novel Blindness, serta virus korona yaitu sesuatu virus yang menyerang secara mendadak, cepat, dan misterius. Dimana isolasi merupakan jalan terbaik untuk menghindari atau menghindarkan dari tersebarluasnya virus tersebut. Dimana obat atau cara pencegahan belum ditemukan. Tapi tentunya chaos terjadi dimana-mana, kepanikan, kekhawatiran, dan kejelasan nasib tiada yang dapat memastikan.

Ironi memang di akhir bulan pada tahun baru ini, tiba-tiba muncul suatu virus yang misterius yang tidak diketahui apa penyebab dan bagaimana cara menyembuhkannya. Terlebih lagi, virus korona memiliki daya penyebaran yang cepat dan meluas. Semua dilanda kepanikan dan kekhawatiran. Panik dan khawatir pada nasibnya sendiri, maupun panik dan khawatir dengan virus korona yang bisa saja menyebar semakin luas.

Akhir cerita dari novel tersebut adalah bahwa manusia dituntut untuk bisa mengikuti segala gejolak yang ada. Serta terus waras diantara kegilaan yang melanda. Dan tentunya disetiap kejadian, memiliki ending masing-masing bagi para tokoh yang terlibat. Tentunya, bahwa kita sebagai manusia, harusnya sangat mensyukuri atas pemberian lima indera dari sang Pencipta. Dan menjaga kelima indera tersebut agar tidak rusak atau kehilangan fungsinya. Satu indera rusak, rusak pulalah pertahanan diri kita, tentunya dikarenakan diri kita menciptakan suatu pertahanan untuk menjaga dirinya dari kekurangan yang dimiliki. Maka, tidak perlu suatu alasan-alasan kenapa munculnya virus serta cara pencegahan dari virus tersebut. Terkadang semuanya bisa saja terjadi tanpa perlu diketahui sebabnya. Namun sebagai manusia, tentunya dapat mengambil hikmah atas segala kejadian yang terjadi, serta dapat mengambil pelajaran dari terjadinya suatu kejadian yang menimpa dirinya.


Berikut ini beberapa Webtoon yang mengangkat tema chaos terkait sesuatu yang misterius:

1. Dead Life - Hooressha/Lim Jin Guk
2. Sweet Home - Kimcarnby/Youngchan Hwang
3. HIVE - Kyungsam Kim (End)
4. Dead Days - DEY (End)

Oke sekian dulu postingan dari kami, semoga virus korona ini segera dapat diatasi dan ditemukan vaksin yang tepat. Semoga persebaran dari virus ini dapat segera dihentikan, serta orang-orang yang tersuspect dapat sembuh dan sehat kembali, serta dapat kembali beraktivitas seperti biasanya, amin. 

Jangan lupa jaga kesehatan, serta perbanyak minum air putih, dan makan-makanan yang bergizi. Tidur yang cukup dan jangan sering-sering bergadang. Ingat kata Bang Rhoma, begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Hehe.

Oke, sampai jumpa di postingan terbaru kami, yang rilis setiap Senin dan Sabtu pukul 09.00 WIB.



Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!







See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!