Review: Tricky Love - Arleen A. | Book Review Indonesia

Review: Tricky Love - Arleen A. | Book Review Indonesia


Pada postingan kali ini, kami masih akan membahas terkait review buku. Humm... karena membaca secara intens menjadi salah satu goals tahun ini (2020). Dan kali ini kami memilih buku dari Arleen A. yang memang masuk dalam list penulis favorit, serta karya-karyanya yang memang bagus. Novel karya Arleen A. ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan gaya bercerita ala penulis luar negeri (?) atau ala dongeng. Entahlah bagaimana caranya kami menjelaskan. Tetapi intinya setiap penulis memiliki gaya berceritanya masing-masing. Dan Arleen A. ini gaya berceritanya mengingatkan atau bernuansa dongeng dari luar negeri.
Kali ini tiba-tiba novel berjudul "Tricky Love" ini muncul, saat kami sedang menelusur di iPusnas. Agak kaget sih awalnya. Nggak nyangka gitu. Tapi karena karya tersebut tertulis Arleen Amidjaja. Yaa, yowislah pinjam langsung saja. Tanpa lihat-lihat sinopsisnya. FYI, Arleen Amidjaja (sepertinya) nama lengkap Arleen A. yang di karya-karya selanjutnya dia lebih dikenal dengan Arleen A.

Dan awal membaca novel Tricky Love, kami berasumsi, novelnya pasti bakal agak cheesy gitu ceritanya, karena novel ini kan termasuk novel awal-awal karir Arleen A. (sebagai penulis novel) yaa siapa tahu debut awal novelnya agak cheesy ¯\_(ツ)_/¯ eh ternyata salah. Bagus banget! Bahkan memang kayak sudah semacam menjadi ciri khas Arleen A. bahwa ceritanya memiliki latar luar negeri. California. Atau negera bagian di Amerika.
Novel Arleen A. - Tricky Love


Deskripsi Buku:
Blurb:
Review Buku:

Awalnya, tokoh utama serta seting tempat pada cerita, kami anggap latar Indonesia. Dengan tokoh utama orang Indonesia dan latar tempat di Jakarta. Namun hal ini terbantahkan ketika ada part percakapan antara tokoh utama dan adiknya. Selain itu, ketika tokoh utama bekerja. Yups, semuanya seakan menjungkirbalikan pemahaman awal kami. Bahwa seting dan tokoh yang digunakan bukanlah tempat di Indonesia maupun tokoh Indonesia.

Cerita yang diangkat dari novel Arleen A. selalu bertema 'love story' tapi nggak terlalu sweet, apalagi sampai over romance. Penulis ingin menekankan bahwa the power of love, tidak pernah dapat dikendalikan atau diantisipasi oleh siapapun. Bahkan ketika dua orang asing yang sering melakukan komunikasi melalui telepon maupun email, bisa saling jatuh cinta. Atau ketika diri ini percaya telah bertemu Mr. Perfect ternyata, semesta memiliki rencana lain.

Hmmm... bagaimana kami menjelaskannya ya? Novel ini memiliki daya pikat dimana latar belakang tokoh agak misterius (tidak terlalu mendetail dalam menceritakan ciri tokohnya, seperti misal usia dan ciri fisik lainnya), namun berbeda dengan penjelasan terkait pekerjaan yang dilakukan tokoh utama dibuat sangat detail, sangat keren sih. Jalinan antara latar belakang tokoh, masalah, dan seting cerita. Berpadu sangat apik. Cara bercerita Arleen A. juga menarik, seperti yang kami bilang di awal. Seperti gaya mendongeng. 

Namun kekurangannya, mungkin masalah yang dimunculkan bisa dibuat sedikit agak heboh. Yahh... memang sih, ceritanya malah aman untuk kesehatan jantung ini, tapi agak kurang nuampol, waktu kedua musuh cinta ini bertemu. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, bila hal tersebut terjadi di dunia nyata, memang kejadiannya bakal seperti itu. Nggak mungkinkan kedua cowok mau ribut ditempat umum, apalagi yang diributkan masalah cewek.

Overall, ceritanya manis, berisi banyak amanat terkait cinta. Dari, cinta tidak harus berakhir bersama hingga cinta juga perlu untuk diperjuangkan oleh dua pihak. Sangat suka sih dengan gaya cerita Arleen A. 

Apalagi dibagian akhir cerita, suka aja sama kedua tokoh utama yang memutuskan untuk memulai semuanya dari awal. Dan semua itu membutuhkan pengorbanan.  Ah... bagus. Cuma memang agak disayangkannya terlalu pendek ceritanya. Atau mungkin ini karena kami terbiasa membaca novel Arleen A. yang jumlah halamannya banyak, dengan permasalahan super complicated? Seperti Ally: All These Lives, Now and Then, The Lady in Red, All These Loves, dan Lisa's Diary. Yah mungkin memang benar tebakan kami diawal, karena novel ini (Tricky Love) merupakan novel-novel awal Arleen A. jadi ceritanya pun belum diolah sedemikian complicatednya. Tapi ciri khas Arleen A.-nya memang sudah terlihat di novel-novel awalnya. 

Oke, sekian dulu review novel kali ini ╮(^▽^)╭ kurang dan lebihnya mohon maaf (;ŏ﹏ŏ), kami akan kembali lagi dengan postingan menarik lainnya ( ꈍᴗꈍ).

nb: rating yang kami beri di Goodreads sebanyak empat bintang! Walaupun belum begitu kompleks permasalahannya, namun gaya bercerita Arleen A. dan ciri khasnya ini, yang membuat kami memberikan bintang sebanyak itu (◠‿◕). Tapi kami tidak bisa mengupdate di Goodreads, karena novel tersebut tidak ada ಡ ͜ ʖ ಡ huehuehue. Sudah tiga novel di bulan Januari yang gagal menambah jumlah bacaan di Goodreads. Tapi nggak apa-apa (人 •͈ᴗ•͈), kami sudah senang sekali bisa membaca secara teratur bahkan dicatat seperti ini. Jadi lebih bermakna dan lebih teringat semua bacaan yang pernah dibaca ( ╹▽╹ ).

Ingat! Kami rilis postingan baru setiap hari Senin dan Sabtu pukul 09.00 WIB (。•̀ᴗ-)✧ see yaaa!



Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!








See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!