Review: Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa - Langit Kresna Hariadi | Majapahit Series | Book Review Indonesia

Review: Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa - Langit Kresna Hariadi | Majapahit Series | Book Review Indonesia


Pada postingan kali ini kami akan mereview novel Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa karya Langit Kresna Hariadi. Sekaligus sebagai postingan pembuka review buku bulan April ini. Yey! 

Bila pada bulan lalu, kami bersemangat sekali membaca segala hal terkait kerajaan-kerajaan di Nusantara. Maka bulan ini semangat tersebut masih berkobar. Kami akan memberikan review kami terhadap beberapa buku yang berkaitan dengan kerajaan masa lampau tersebut.

Pada kesempatan ini kami masih akan melanjutkan cerita terkait kerajaan Majapahit. Dan mungkin juga kerajaan sebelum Majapahit. Biasanya ketika menceritakan Majapahit, akan menceritakan kerajaan yang tak kalah kondangnya, Singasari. Atau yang lebih tua, Mataram Kuno.


Langsung saja! Ini dia reviewnya!

Novel Majapahit: Sandyakala Rajasawangsa karya Langit Kresna Hariadi


Deskripsi Buku

Blurb

Review Buku

Sejujurnya penemuan novel ini agak mengejutkan! Yaa, karena kami tidak menemukan novel ini pada pencarian kami melalui berbagai kata kunci. Tidak ada di iPusnas maupun iJak. Novel Majapahit series karya Langit Kresna Hariadi (LKH) ini, pernah kami lihat koleksinya pada toko online salah satu penerbit. Novel tersebut terdiri atas empat series. Dan yang dimiliki iPusnas hanya seri keduanya. Setidaknya seri itulah yang sering kami lihat.


Maka, ketika kami menemukan novel tersebut ternyata ada di iPusnas, wahhhhh betapa senangnyaaa, akhirnyaaa kami dapat membaca juga series Majapahit karangan LKH. Hal ini karena kami tidak berencana membaca novel seri keduanya. Yups, pantang sekali membaca novel series (terutama yang memiliki hubungan erat antar novel) tanpa membaca seri pertamanya. 

Jadi kami awalnya memang belum berniat membaca novel-novel karangan LKH tersebut, baik Majapahit maupun Gajah Mada. Kurang lebih alasan kami belum berniat membaca novel Gajah Mada karena menurut kami masih banyak teka-teki yang menarik dari kisah awal terciptanya Majapahit. Selain itu, karena series Gajah Mada pada iPusnas belum lengkap seutuhnya. Jadi tanggung semua bukan? Dan kami memutuskan untuk menunda membacanya.


Tapi mengagetkan memang, tiba-tiba novel tersebut muncul. Dan langsung kami pinjam. Tapi oh tapi. Sulit sekali meminjamnya. 

Setelah meminjam dan melihat jumlah halaman yang menyentuh angka 600an tersebut, kami jadi maklum. Yahh, setidaknya hal ini juga membuat kami penasaran, akan dibawa kemana cerita tersebut.


Cerita yang disajikan LKH ini memang didasarkan pada serat yang ada. Hal ini terlihat dari jalan cerita yang sama dengan novel terkait Majapahit lainnya, yang pernah kami baca. Namun sangat-super-duper-kompleks. Cerita yang bahkan tidak semudah itu Singasari digempur oleh kerajaan Gelang-gelang (Kediri). Ada banyak persoalan-persoalan yang rumit dan saling terjalin, menambah keruwetannya.

Setidaknya disini latar belakang Raden Wijaya dikupas lebih jelas. Bahkan pada novel ini juga dijelaskan secara terperinci silsilah trah Rajasa. Hal ini terus diulang beberapa kali. Dan menurut kami versi cerita ini lebih masuk akal. Dimana Raja Kertanegara memilih Raden Wijaya untuk menjadi penerusnya, karena ia melihat adanya wahyu (?) atau semacam itu, pada diri Raden Wijaya.


Alasan yang menurut kami sangat masuk akal. Hal ini karena biasanya novel-novel yang menceritakan Majapahit, akan memperlihat Raden Wijaya yang sudah memiliki tempat istimewa di hati raja, namun alasan pemilihan dirinya biasanya tidak ada. Jadi ketika pada novel ini alasan raja memilih Raden Wijaya diungkapkan secara gamblang, kami jadi sangat puas, dan seolah teka-teki tersebut akhirnya dapat terpecahkan juga.

Lalu, pada novel ini penulis seolah memberikan porsi yang cukup untuk setiap karakter yang terlibat. Misalnya Ranggalawe, yang sudah di munculkan dari awal dan sudah menjadi anak buahnya Raden Wijaya. Sungguh yaa, di sini Ranggalawe terlihat super duper keren, imut juga, dan ambisius pada mimpinya. Yups paket komplet yang diceritakan oleh penulis. Walaupun disini akhirnya Lembu Sora kurang mendapat banyak sorotan, namun yah beda penulis beda sudut pandang yang digunakan.

Lalu penulis juga seakan ingin menghidupkan imajinasi pembacanya dengan memberikan ulasan yang sangat detail tentang suatu daerah, maupun suatu suasana. Dimana penulis sangat ciamik ketika menggabungkan antara dunia nyata dan dunia mistik. Dunia mistik yang tentunya sudah mengakar. Bahkan baru pada novel ini kami menemukan istilah lampor. Sejenis hantu yang berjalan atau berarak. Hmm. Maklum istilah lelembut kami mentok di pocong, genderuwo, kuntilanak, dan tuyul. Jadi ketika membaca "lampor", kami langsung cepat-cepat membuka KBBI, yahh walaupun oleh penulis juga di jelaskan. Hehehe.


Namun, kekurangan pada novel ini ialah, penulis hanya mengunggulkan Gayatri, dari ketiga sekar kedhaton lainnya. Yah, maksudnya, bahwa sekar kedhaton lainnya juga perlu mendapat sorotan yang layak. Sebagai anak tertua Tribhuaneswari kurang mendapat banyak dialog, bahkan tidak menonjol sama sekali. Lalu Narendraduhita dan Pradnya juga bernasib sama. Peran mereka hanya tukang mengintip ketika dilaksanakan kumpul (seba) oleh raja, dan dihadiri Raden Wijaya. Iya, mereka mendapat jatah hanya mengintip Raden Wijaya saat seba. Agaknya tiga bersaudara ini sangat amat kurang mendapat sorotan. Dan penulis hanya berfokus pada Gayatri seorang. Masih lumayan nasib Narendradewi (istri Ardaraja-dalam novel). Ia mendapatkan sorotan, lebih karena nasibnya yang kurang beruntung.

Yups, ketika membaca bagian awal dan penulis memunculkan Gayatri bersama Raden Wijaya dan rombongan, masih oke. Namun ketika di sepanjang jalan cerita hanya Gayatri yang mendapat sorotan menurut kami ini kurang adil untuk sekar kedhaton lainnya. Mereka layak mendapat sorotan juga. Bahkan ketika menjabarkan kecantikan mereka, penulis agaknya kurang memberikan gambaran yang spesifik pada tiga bersaudara lainnya. Dimana mereka hanya mendapat deskripsi cantik. Sedangkan Gayatri cantik yang berseri. Aduh... kalau gini kan para emban yang seusia mereka juga penulis sebut cantik. Lalu tiga bersaudara tersebut cantik yang seperti apa? Kenapa tidak spesifik? Huufff sebal.

Selain Gayatri yang mendominasi sekar kedhaton sepanjang cerita. Kami juga merasa bahwa novel dengan halaman yang tebal dan cerita yang kompleks seperti ini, perlu memberikan ilustrasi dari kejadian yang terjadi, atau minimal peta lokasi atau ilustrasi salah satu tokoh. Agar greget saja sih. Walaupun penulisnya sudah sangat detail dalam menjabarkan ceritanya.

Ohiyaaaa! Ada satu lagi tokoh yang super nyebelin. Kemunculannya itu kayaknya akan sangat berpengaruh ketika nantinya utusan dari Kubilai Khan ini datang lagi, untuk membalas dendam atas tindakan yang mempermalukan Kubilai Khan, melalui utusannya (Meng Khi) tersebut. Walaupun pada cerita ini, Meng Khi datang langsung ditemani dengan Ike Mese (Yokumisu), Shih Pi, dan Gao Sing. Jadi kayaknya nantinya mereka bertiga ini juga membawa misi sakit hati yang mereka alami langsung. Biar greget kali yaa nanti misi Kubilai Khan yang bukan hanya membawa 20.000 pasukan, tetapi juga dendam, sakit hati, yang menuntut untuk dibalas. Belum lagi si tokoh yang menyebalkan itu, akan semakin membuat semrawut keadaan. 

Dan ada satu tokoh yang menarik, dia dan kudanya memiliki keistimewaan hidup abadi. Selain itu, ilmu kanuragan atau bela diri dan ilmu-ilmu lainnya, yang dimiliki si tokoh ini juga tak kalah kerennya. Dan tokoh ini berpihak pada Singasari, dengan memberikan petunjuk-petunjuk alam pada Raden Wijaya, Mahapatih Raganata, bahkan Sri Kertanegara juga. Hmm. 

Belum lagi cerita juga sangat menarik ketika membahas terkait keris Mpu Gandring. Dan segala hal terkait kemunculan keris tersebut. Ya, disini penulis mempertemukan antara kejadian nyata (dalam fiksi) dan kejadian mistik.


Nah, kurang lebih seperti itulah review dari kami. Secara keseluruhan kami sangat menyukai cerita pada novel tersebut yang banyak sekali hal-hal baru yang dimasukan penulis untuk membuat cerita lebih greget dan kompleks. Lalu, untuk ending, karena novel ini series, maka ending pada novel ini masih sangat ngambang. Yah, bisa juga sih kalian anggap bahwa novel ini hanya bagian awal dari keseluruhan bagian cerita. Jadi, yah tentu saja kami akan melanjutkan membaca series keduanya. Untuk series ketiga dan keempat yahhh kita tunggu nanti saja. Antara menunggu series tersebut tersedia pada iPusnas atau iJak, atau malah kita akan membelinya :D hohoho. Tapi menunggu promo atau diskon, hehehe.

Oke! Sekian dulu review dari kami. Apabila terdapat kekurangan mohon dimaafkan. Hal-hal yang kami tuliskan pada postingan ini bersifat hanya membahas novel tersebut, bukan kejadian nyata atau sesungguhnya, karena kita tidak pernah tahu kejadian spesifik pada masa itu. Namun membaca novel sejarah ternyata sangat menyenangkan dan juga mendebarkan, bahkan ada bagian yang menegangkannya. Jadi sudah paket komplet tentu saja.

Nantikan rilis postingan terbaru dari kami, setiap hari Senin dan Sabtu pada pukul 09.00 WIB!


Estimasi waktu membaca:
00:10:00 (sepuluh menit).

Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!










See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World













Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!