Light Research: Memanfaatkan Perpustakaan Digital Untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh | Lima Rekomendasi Buku Anak-anak di iPusnas | Perpustakaan Digital - Digital Library | Indonesia Berliterasi

Light Research: Memanfaatkan Perpustakaan Digital Untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh | Lima Rekomendasi Buku Anak-anak di iPusnas | Perpustakaan Digital - Digital Library | Indonesia Berliterasi




Estimasi waktu membaca: 
00:07:00 (tujuh menit)



Postingan kali ini, kami telah siapkan tulisan menarik tentang memanfaatkan perpustakaan digital di tengah pandemi ini. Yuks baca terus hingga akhir!



Perpustakaan, satu kata dengan banyak gambaran. Seperti ruang sunyi yang berisi buku berdebu, dijaga oleh petugas yang berkacamata tebal, berwajah garang yang sibuk mengecap buku, dan selalu membuat suara "shhhhh" untuk setiap obrolan, sekecil apapun. Hehehe, eiitsss! Tapi sekarang sudah jarang sih kita temui perpustakaan yang demikian. Bahkan sekarang banyak ditemukan perpustakaan yang mengikuti kebutuhan informasi penggunanya.

Salah satunya dengan hadirnya perpustakaan digital. Perpustakaan yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Bahkan tinggal unduh saja dari Google Play Store! Mudah bukan?

Kalian dapat memilih jenis perpustakaan digital yang tersedia, mulai dari milik perusahaan, lembaga, instansi, dan perpustakaan lainnya. Untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan digital juga mudah, tinggal mengisi form yang tersedia, lalu dalam waktu kurang dari 24jam, kalian sudah menjadi anggota dan dapat mengakses perpustakaan digital.



Ada tiga jenis perpustakaan digital dilihat dari pengembangnya (untuk saat ini yang kami tahu ada tiga pengembang). Ada dari pengembang Aksaramaya, Kubuku dan Gramedia. Kalian dapat mencarinya sendiri di Google Play Store. Silahkan unduh yang mana saja yang pas dan cocok menurut kalian.


Memanfaatkan Perpustakaan Digital di Tengah Pandemi

Salah satu yang menarik untuk dikupas lebih mendalam berkaitan dengan hadirnya perpustakaan digital adalah kebermanfaatannya. Selain itu, bagaimana pengguna dapat memanfaatkan secara maksimal perpustakaan digital yang dimiliki, terutamanya untuk anak-anak sekolahan yang saat ini banyak menghabiskan waktu di rumah untuk belajar.

Kami menaruh perhatian pada siswa SD, khususnya siswa kelas 1-3. Betapa susahnya para ibu-ibu yang harus menambah pekerjaan rumahnya, karena harus bisa mengikuti perkembangan zaman, dengan menggunakan gawai-nya untuk mengikuti perkembangan sekolah anaknya. Mulai dari mengerjakan tugas melalui Google Form hingga mengikuti pelajaran dari video di YouTube. Apakah cara ini cukup efektif?
Peran Guru Kelas dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Faktor penting agar pembelajaran jarak jauh menjadi efektif ialah aktifnya sang guru dalam menjaga siswanya agar terus belajar. Belajar bukan hanya terkait mencatat, menghapal atau mengerjakan tugas, tetapi memantau siswa agar terjaga ritme mempelajari segala hal baru, walaupun tidak di sekolah, mengingat siswa kelas 1-3 SD masih banyak membutuhkan bimbingan. Salah satu yang bisa dilakukan guru adalah dengan mengajak siswa-siswa untuk membaca cerita. Mulai dari dongeng masing-masing daerah, hingga buku-buku edukatif yang dibuat untuk anak-anak.

Membuat grup WhatsApp atau grup di manapun yang lebih terintegrasi dan memuat setiap guru pelajaran yang terlibat pada kelas dan semester tersebut. Agar pemantauan dan pemberian tugas tidak membingungkan para orangtua. Belajar bukan hanya sekedar tugas untuk mengisi form-form, tapi juga membuat siswa menyukai kegiatan dan proses belajar itu sendiri. Peran aktif orangtua dan guru, pada saat ini sangat penting untuk anak-anak, agar belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan adanya perpustakaan digital, yang mana koleksinya sangat beragam. Satu contohnya dari perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Aksaramaya, iPusnas.

iPusnas memiliki banyaaak sekali koleksi untuk anak-anak, bahkan buku-buku BSE (Buku Sekolah Elektronik) mulai dari SD hingga SMA tersedia secara gratis, yang dapat menunjang pembelajaran di rumah saja. Apalagi pengguna dapat meminjam koleksi di iPusnas sebanyak lima koleksi setiap harinya. Cukup banyak bukan? Dengan waktu pinjam selama (kurang-lebih) satu minggu, tergantung meminjam dari epustaka mana. Dan koleksi yang sudah dipinjam tidak bisa dikembalikan bila belum 24jam. Bila meminjam dari iJatim atau iJateng, keduanya juga memiliki koleksi BSE dari SD hingga SMA, pengguna dapat meminjam dua koleksi setiap harinya. Adapun perpustakaan digital dari Kubuku, seperti dJatim, kalian dapat meminjam maksimal lima koleksi, tidak ada batasan hari, misal hari ini sudah meminjam lima koleksi maka keesokan harinya tidak bisa meminjam bila salah satu dari kelima koleksi belum dikembalikan. Tapi kalian dapat mengembalikan koleksi, walau belum 24jam. dJatim juga memiliki banyak sekali koleksi untuk anak sekolahan bahkan di mulai dari PAUD!

Jadi, perpustakaan digital mana yang jadi idaman untuk memanfaatkan waktu anak-anak selama belajar di rumah?
Lima Rekomendasi Buku di iPusnas untuk Anak-anak Selama Belajar di Rumah Saja!

1. Johnson, Naga yang Sombong -  Arleen A. (bilingual book)

2. Dongeng Mini Nusantara: Danau Toba - Anton Tri

3. Aku Suka Membaca: Rahasia Eka - Wrini Harlindi (Seri Aku Suka Membaca)

4. Seri Ragam Budaya Nusantara: Berani Menjadi Joki - Anisa Widiyarti

5. Jelajah Jawa Tengah: Ragam Bahasa dan Sastra Jawa Tengah - Bungsu Ratih Puspitorini

Catatan: koleksi selengkapnya untuk anak-anak, dapat dilihat dari Kategori Buku atau Book Category yang tersedia di perpustakaan digital.


Partisipasi aktif antara guru dan orangtua adalah faktor penting agar belajar di rumah menjadi efektif dan menyenangkan. Memberikan bacaan-bacaan untuk mengisi waktu luang adalah salah satu cara menyenangkan agar anak-anak tetap produktif selama di rumah saja. Dan belajar bukan menjadi hal yang mengerikan atau menakutan lagi.

Satu lagi hal yang paling penting untuk orangtua ialah selalu mendampingi anak-anak ketika proses belajar berlangsung ¯\_(ツ)
Sekian dulu postingan Light Research dari kami, kurang dan lebihnya mohon diterima saja. Silahkan klik Light Research untuk menemukan tulisan menarik dari kami lainnya ¯\_(ツ)

Postingan terbaru rilis setiap hari senin dan sabtu pada pukul 09.00 wib. Ohiya! Postingan selanjutnya akan ada sesuatu yang baru, yang akan segera kami launching! Apa itu? Penasaran? Nantikan postingan kami selanjutnya yaaa ಠಿヮಠ



Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!




See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World












© Journal Creative World 2020

Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!