Review: Mengupas Perpustakaan Digital iLamongan dan Pengalaman Menggunakannya | Aksaramaya | Indonesia Berliterasi

Review: Mengupas Perpustakaan Digital iLamongan dan Pengalaman Menggunakannya | Aksaramaya | Indonesia Berliterasi


Estimasi waktu membaca: 
00:06:00 (enam menit)

Halooo! Pada postingan ini, kami telah menyiapkan postingan yang akan mengulas perpustakaan digital iLamongan. Untuk mengetahui lebih lanjut, ayooo baca hingga tuntas!

Review: Mengulas Novel A Perfect Proposal Karya Katie Fforde | Novel Terjemahan

Postingan kami akhir-akhir ini sering sekali berisi keluhan terkait sulitnya mengakses iPusnas dan iJak. Tanpa dua aplikasi tersebut, rasanya sulit untuk terus memenuhi kebutuhan informasi, terkait pengetahuan maupun pengalaman yang disuguhkan penulis melalui buku karangannya (secara gratis). 

Jadi karena lelah bermasalah dengan iPusnas dan iJak, kami memutuskan untuk meng-uninstall kedua aplikasi tersebut, dan menggantinya dengan iJateng. Tidak puas hanya iJateng, kami memutuskan mengunduh iLamongan. 

Story: Ada Apa Dengan iPusnas dan iJak??? | Sulitnya Mengunduh Buku | Mari Berliterasi

iLamongan Behind Story


Awal mula mengunduh iLamongan. Ketika kami berhasil mengunduh dan meminjam koleksi dari iJateng, waaah rasanya sangat senang sekali. Dan memang masalahnya sepertinya ada pada koneksi internet kami yang super nyebelin. Lalu kami memutuskan untuk kembali meng-install iPusnas. Dengan harapan bahwa iPusnas dapat dibuka dan kembali mudah diakses seperti sedia kala. Namun sayang ketika berhasil mengunduh iPusnas, kami masih kesulitan membuka aplikasi tersebut. Entahlah ada apa lagi antara hape yang kami gunakan dengan iPusnas.

Review: Kenapa Membuat Tema Bacaan Bulanan??? | Cerita Dibalik Membaca | Book Lovers Indonesia

Daripada berlarut-larut pada masalah terkait iPusnas ini, kami kembali meng-uninstall iPusnas. Dan segera mencari penggantinya. Awalnya kami memutuskan untuk mengunduh aplikasi perpustakaan digital dari pengembang selain Aksaramaya. Setahu kami ada tiga pengembang perpustakaan digital. Seperti pengembang dari iPusnas, iJak, iJog, dsb yang kebanyakan memiliki nama awalan i-i-i tersebut dikembangkan oleh Aksaramaya. Lalu ada Kubuku dan Gramedia. Silahkan lihat sendiri di Google Play/Play Store

Light Research: Minat Baca Indonesia Rendah? Namun Tingkat Pembajakan Buku Tinggi?


Namun entah bagaimana, kami tetap saja terpikat dengan aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Aksaramaya. Jadi, kami kepoin aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan Aksaramaya, dan kami temukan iLamongan ini! Yahhh karena visualisasi iLamongan terlihtat eye-catching. Kami lihat desain ikon menunya bagus dan memiliki warna yang unik, hijau menyala kebiruan (?) atau green-blue-light (?) entahlah apapun namanya.


Lalu setelah kami berhasil mengunduh aplikasi tersebut, betapa terkejutnya kami melihat tampilan awal yang super kawaii-cantik dan imut! Desainnya keren banget sih dan perpaduan warnanya juga pas!


Review: Tiga Karakter Wanita Tangguh dalam Novel Maria Murnane | Novel Terjemahan

Lanjut ke tampilan dalam iLamongan. Tampilannya bagus dengan warna yang segar. Namun kategori koleksi yang dimiliki masih sangat terbatas. Untuk kalian yang biasa menggunakan iPusnas atau iJak pasti tahu dong kategori koleksi keduanya ada banyaaak dan terus dikembangkan. Untuk iJateng dan iJog juga banyak. Namun iLamongan ini masih super terbatas. Semoga nantinya dapat terus dikembangkan! Selain itu bisa memperluas tema-tema bacaan.

Kategori Buku iLamongan
Kategori Buku iJateng

Dihalaman utama iLamongan, kebanyakan memajang koleksi terkait koleksi sekolah. Lalu dari halaman pengguna, dapat diketahui bahwa banyak sekali yang meminjam koleksi fiksinya. Hmm. Semoga nantinya kami akan banyak menemukan koleksi lainnya. Hohoho biasanya selalu saja ada koleksi unik yang kami temukan setelah lama menelusuri. 

Review: Lima Novel Dengan Cover dan Cerita Menarik! | Cover Novel | Book Review Indonesia


Kami sudah meminjam koleksi yang ada di iLamongan ini, hanya saja belum kami baca. Ehem! Karena tampilan dari koleksi tersebut bukan tipikal yang sederhana dan mudah dibaca atau tidak terlalu mengganggu. Terdapat perbedaan saat kita membaca koleksi digital, ada yang dibuat sederhana dengan mengandalkan format pdf, ada juga yang menggunakan format penerbitan digital, atau apapun istilahnya. Intinya kami lebih nyaman membaca dengan format pdf biasa saja. Hal ini karena kami mementingkan pengalaman membaca yang enak dan tidak membuat mata jadi keliyengan!

Review: Masifnya Buku Berformat PDF yang Disebar Melalui Story WA, Ada Apa? | Efek #dirumahaja

Sedikit saran untuk pengembangnya, agar menyediakan koleksi yang lebih bermuatan lokal, tentunya untuk perpustakaan digital khusus daerah tertentu, seperti iLamongan  itu sendiri. Lebih banyak memuat koleksi lokalitas yang menjadi keunikan serta keunggulan dari masing-masing perpustakaan digital daerahnya. Sehingga nantinya pembaca yang memiliki kebutuhan informasi akan koleksi tertentu, akan dengan mudah mencarinya di perpustakaan digital setiap daerah.


Oke, sekian dulu kami mengupas iLamongan! Secara visualisasi, iLamongan sudah sangat bagus dengan perpaduan warnanya yang apik. Aplikasinya sendiri cukup enteng. Desain aplikasinya bagus dengan penggunaan typografi yang keren. Namun kekurangannya, iLamongan masih perlu mengembangkan dan memperluas tema-tema koleksi, lalu mengembangkan kategori koleksi yang dimiliki agar pengguna dapat tertarik dan betah meminjam koleksinya! Selain itu, sepertinya perlu juga mengkomunikasikan koleksi terbarunya, seperti yang dilakukan iPusnas dan iJak (semoga saja ternyata iLamongan sudah menggunakan fitur mengkomunikasikan koleksi terbaru tersebut). Fitur share cover koleksi yang baru ditambahkan.

Review: Lima Novel Love Story/Romance Untuk Memeriahkan Valentine-mu! | Book Review Indonesia

Untuk orang Lamongan dan sekitarnya, jangan sungkan untuk mengunduh aplikasi perpustakaan digital iLamongan ini! Selain banyak manfaatnya, hal terpenting lainnya adalah bersama-sama memajukan daerah! Yeyyy semangat!!!

Salam literasi! Semangat membaca!

Postingan terbaru rilis setiap hari senin dan sabtu pada pukul 09.00 wib.

Review: Target Baca Bulan Mei! Terpikat Genre Apa Bulan Ini? | Berburu Bacaan Bulanan | Bookdragon Indonesia


Terimakasih telah terus mengikuti postingan-postingan blog kami :) untuk postingan berikutnya kami akan mengulas dan membahas seputar perpustakaan digital... hmmm masih penasaran nggak nih? Seeyaaaw~


Semoga harimu selalu menyenangkan! Keep creative! Keep literate!




See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World













© Journal Creative World 2020

Komentar

Posting Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.

Lima Postingan Terpopuler Minggu Ini!