Review: Bacaan Sepanjang Oktober yang Manis Romantis Hingga Bersejarah yang Seru Abis! | BookBlogger Indonesia

Review: Bacaan Sepanjang Oktober yang Manis Romantis Hingga Bersejarah yang Seru Abis! | BookBlogger Indonesia




Estimasi baca: sepuluh menit

Halooooo pembaca sekalian! Berjumpa lagi dengan postingan akhir bulan yang akan membahas terkait bacaan yang kami baca sepanjang bulan Oktober 2020! Saat ini kami sangat bersemangat untuk membahas dan mengupas tuntas dengan ringkas terkait bacaan yang kami baca sepanjang bulan ini!

Bulan ini kami bahkan menciptakan rekor baca terbanyak sepanjang Project 2020! Hoho. Langsung saja, pada bulan ini kami telah menyelesaikan bacaan sebanyak... *efeknabuhdrum* 20 BUKU!!! Hehehe. Dua kali lipat dari biasanya.


Bahkan koneksi internet bulan ini cukup berbaik hati, hmm. Kami bisa meminjam banyak koleksi dari beberapa perpustakaan digital, dari iPusnas, iJak, iJateng dan EPerpusdikbud! Hohoho. Langsung saja kami akan memberikan review ringkas seluruh bacaan yang kami baca bulan ini. Bacaan yang memberi banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru, serta serunya petualangan yang dilakukan oleh para tokohnya! Mulai dari novel romance yang manis hingga novel bersejarah yang seru abis! Bukan hanya novel, kami juga membaca bacaan terkait benda purbakala, yang woooow... sangat memberikan pencerahan dan sangat menggugah, selain menggugah rasanya kami emmm... being emotional in a few days.


Bacaan Sepanjang Bulan Oktober 2020!!!





1. Twin Flames [4] *** #
Kami sebenarnya sudah memberikan review kami secara menyeluruh terkait novel tersebut di sini (*❛‿❛)→ Review: Aleeta Jones Trilogy | A Girl Who Loves A Ghost | Twin Flames | Book Review Indonesia

Tapi kami beri sedikit gambaran keseruan kami selama membaca novel ini. Novel Twin Flames ini awalnya agak membosankan, cerita mengalir secara biasa saja. Namun di bab-bab terakhir, novel ini mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Ceritanya menjadi seru bahkan unsur deg-degan sangat mendominasi di bagian akhir cerita tersebut.

2. Summer in Seoul [4] ***
Novel yang ringan, lovely, dengan permasalahan yang tidak dibuat dramatis berlebihan. Sangat menyenangkan ketika membaca ulang karya Ilana Tan.

3. Spring in London [4] ***
Novel musim yang selalu kami baca di akhir. Entah kenapa kalau membaca tetralogi Empat Musim-nya Ilana Tan, kami selalu membacanya di akhir. Ceritanya kompleks, emosi antar tokohnya dibangun secara matang. Namun ceritanya masih cukup ringan dan menyenangkan untuk dibaca ulang terus menerus! Hoho. Dasar.


4. Suprise Me [4] #
Novel dari Sophie Kinsella itu selalu di awali dengan kebingungan mengikuti alur cerita yang ujug-ujug langsung menembak ke masalah utama. Kami sudah memiliki niat membaca novel ini pada bulan September, namun ketika membaca bagian pembuka novel agak bingung. Dan memang saat itu mood membaca sedang tidak baik.

Akhirnya bulan Oktober ini, kami dapat menyelesaikan novel ini. Dan di akhir cerita, penulis memberikan kesan mendalam terkait love, relationship, commitment, and all about life after wedding. Kami sangat terkesan sekali dengan cerita yang disuguhkan. Belum lagi beberapa lontaran candaan khas penulis yang mewarnai di sepanjang cerita.


5. Mahameru [4] #
Ceritanya tentang Citraprana dan Rara Mendut dalam versi dunia modern yang masih berbentuk kerajaan. Dan Mataram merupakan penguasanya. Yah, awalnya kami agak kebingungan mengikuti ceritanya, karena ketika tokohnya mengucapkan "ibu kota", yang kami pikirkan adalah Jakarta. Namun kami juga bingung, kok repot banget pake bilang ibu kota segala rupa. Tapi ternyata bukan Jakarta yang dimaksud, hehehe.

Ceritanya keren, alurnya terus menanjak hingga akhir. Heran deh, alurnya tak tertebak hingga akhir. Dan yahhh... keren sekali ceritanya sangat menarik, unik, mencampur adukkan banyak unsur. Gaya bercerita yang menarik untuk terus membaca lagi dan lagi.





6. Indonesia Nan Indah Situs Purbakala [3] nf
Kami membaca situs purbakala karena tertarik dengan covernya. Namun gaya bercerita yang digunakan kurang mengalir, sehingga poin-poin pentingnya kurang ngena ketika dibaca. Padahal materi yang dibawakan menarik.

Tentunya bacaan-bacaan terkait kepurbakalaan sangat bagus dan menarik untuk dikembangkan. Dan tentunya dapat dibaca segala kalangan dan rentang usia, namun harus memperbaiki gaya bercerita, lalu tampilannya harus dibuat lebih menarik lagi. Agar memiliki unsur pemikat bagi pembaca.

7. Bisma Dewabrata [5] #
Wah ini dia salah satu dari banyak novel yang keren, yang kami baca sepanjang bulan ini. Ceritanya berkaitan erat dengan cerita pewayangan. Dengan unsur romance yang mendominasi cerita, lalu juga unsur perjalanan spiritual yang sangat apik digarap oleh penulisnya.

Setiap unsurnya mampu berpadu menjadi satu rangkaian cerita yang menarik dan pastinya asyik untuk dibaca. Novel ini juga sama seperti novel yang kami beri tanda "#" yang kami artikan bahwa novel tersebut semakin mendekati halaman terakhir, semakin menarik ceritanya.

8. Sutasoma [5] # ~
Novel kali ini sudah sempat beberapa kali kami pinjam, tapi belum sempat dibaca. Baru bulan Oktober inilah kami berhasil membacanya, bahkan dibuat jatuh cinta dengan gaya bercerita penulis, unsur-unsur kerajaan masa kerajaan Kalingga (walaupun tidak menggunakan kerajaan Kalingga sebagai latar tempatnya dan latar kerajaan yang digunakan), menghadirkan cerita epik dari Kakawin Sutasoma. Selain itu, novel ini menghadirkan cerita yang manis, tragis dan berani, belum lagi intrik khas kerajaan dibuat sangat detail, dan karakter dari setiap tokoh dibuat kuat dan saling mempengaruhi. 

Asli, awalnya kami menyangka ceritanya akan membosankan dan sulit diikuti. Tapi, dari awal kami membaca, kami sudah dibuat jatuh cinta dengan gaya bertutur penulis yang menyajikan cerita dengan sangat menarik. Bahkan ceritanya menanjak semakin seru hingga halaman terakhir. Sangat keren sekali. Bhinneka Tunggal Ika.

9. Tarian Badai [4] #
Novel ini masih dari penulis yang sama dengan Bisma Dewabrata. Kami membaca novel ini karena kami tidak ragu dengan gaya bercerita penulis yang menarik dan pandai memelintir cerita sehingga terus membangkitkan rasa penasaran hingga akhir.

Ceritanya memadukan unsur romance, local culture, mahasiswa dan perkuliahan, dan masa-masa tahun 1998. Bercampur padu diaduk-aduk menjadi cerita yang keren. Dan tentu saja kita akan dibuat berpacu dalam klimaks cerita sampai halaman terakhir. Hehe.


10. Serial Investigasi: Mafia Benda Purbakala [4] nf # T_T

Untuk bacaan kali ini kami agak emosional sedikit. Walaupun tulisan Tempo ini masih berantakan dan cukup membingungkan, tapi untuk buku kali ini kami sangat bisa merasakan bagaimana titik kulminasi bertebaran di semua halaman.

Wow! Seperti sedang membaca kisah detektif yang melibatkan benda purbakala yang dipalsukan, atau benda purbakala yang malang melintang di tangan orang-orang asing (secara ilegal?), uang dengan jumlah yang fantastis, orang-orang yang memiliki kepentingan khusus, dan kasus seseorang yang ditemukan meninggal. Ya, semuanya kami baca dengan lahap dan di akhir cerita... jujur kami merasa sangat emosional. Walaupun kasus tersebut sudah lama terjadi, namun yah ibarat luka, walaupun lama tapi kadang masih sering terasa nyeri. Nyeri sekali membaca buku ini.




11. Serial Investigasi: Sebuah Kekayaan Purbakala yang Tersisa [3] nf
Masih buku yang membahas hal serupa, namun sebenarnya lebih rumit(?) entahlah kami tidak bisa begitu memahami dengan baik. Hal ini karena ada banyak pihak yang terlibat dan karena gaya penulisan yang bukan yang smooth dan enak dibaca, atau mungkin karena kami sudah emosional terlebih dahulu.

Tapi yah... bahwa hal ini pernah terjadi dan permasalahan yang rumit dan saling sengkarut, karena melibatkan uang dengan jumlah besar dan banyak pihak-pihak lainnya. Huft, setelah membaca dua buku dari Tempo, rasanya feeling blue selama beberapa hari.

12. Kearifan dari Tanah Nusantara [3] nf
Buku selanjutnya masih dari Tempo, yah setidaknya kami memilih untuk membaca sesuatu yang menyejukkan seperti Kearifan dari Tanah Nusantara ini. Bacaan seperti ini selalu mengingatkan kami akan majemuknya Indonesia yang kaya akan adat istiadat dan tradisi. Ada yang masih dipegang teguh, ada pula yang sudah menyesuaikan dengan perkembangan masa kini. Sangat menyenangkan sekali membaca buku ini.

13. Dewfall [5] # ✓
Sebenarnya novel ini bisa dikatakan sebagai versi bahasan Inggrisnya dari Bisma Dewabrata. Ceritanya tetap menarik seperti sebelumnya, tidak begitu kesulitan juga untuk mengikuti ceritanya. Namun memang banyak istilah-istilah berkaitan dengan perjalanan spiritual yang kadang kami harus mencari artinya di kamus dahulu. Tapi semuanya masih tetap memukau bahkan kami dapat merasakan ketegangan cerita hingga halaman terakhir.

14. Melati dalam Kegelapan [4]
Ceritanya menarik dengan gaya bertutur yang mengalir, cepat, dan rasanya sulit berhenti sebelum selesai. Ceritanya sebenarnya cukup singkat, padat, jelas, dan cepat. Hal ini karena halaman novel yang sekitar 200an halaman. Namun penulis pandai membuat degdegan apalagi di bagian akhir dengan menyebut semacam lelembut.

Silahkan baca review lengkapnya di sini (ノ゚0゚)ノ→ Review: Melati Dalam Kegelapan - Sidik Nugroho | Review Novel Indonesia

15. Musuh Bebuyutan [4]
Novelnya sungguh gumush. Ceritanya menarik, lucu, ada unsur tegang-tegangnya, romance, jealous, dan tentunya permusuhan di antara tokohnya. Belum lagi di sini penulis dengan detail melibatkan pembahasan terkait dunia penerbitan dan perbukuan, yang sangaaaaat kami cintai. Preeet. Hahaha. Tapi suka sekali ketika membahas tentang buku atau melibatkan scene dengan buku-buku sebagai latarnya.

Novelnya menarik dan walaupun sekitar 400an halaman, tapi cukup cepat kami membacanya. Yah, karena kami tidak bisa menggantung ceritanya lama-lama, yang ada kami semakin penasaran. Novel khas tipikal penulis perempuan dari UK? Yang memiliki tokoh perempuan yang menarik dengan gaya bertutur yang asyik untuk diikuti terus. Sukaaa sekali dengan para penulis perempuan dari Inggris.




16. Bukan Pengantin Pilihan [4] re
Bacaan yang selalu tepat dibaca setiap butuh bacaan yang sifatnya refreshing, karena setelah membaca sesuatu yang memiliki dampak membuat susah move on ke bacaan yang lain. Hehehe. Susah move on dari Musuh Bebuyutan.

Novel ini walaupun sudah kami baca ulang beberapa kali, tapi rasanya selalu fresh dan selalu asyik dibaca. Membaca novel karya Agnes Jessica nggak ada bosannya memang. Ceritanya memiliki unsur-unsur pembentuk cerita yang kuat dan saling mendukung, bukan sesuatu yang tiba-tiba ada karena didramatisir. Ceritanya semakin menarik saja setiap habis dibaca ulang. Hehehe.


17. Tell Me Your Dream [5] # ~
Novel yang sangat menarik, dari awal cerita, pembaca sudah diajak main tebak-tebakan. Tokoh yang dihadirkan cukup banyak, tapi kehadiran mereka di cerita memiliki peran pentingnya masing-masing.

Meski kami dapat menebak beberapa teka-teki dalam cerita, namun tetap saja ketika fakta dalam cerita dilontarkan langsung oleh penulisnya, rasanya wooooow tak bisa berkata apa-apa. Keren sekali. Sungguh suatu cerita yang menarik dan membuat penasaran. Akan kami buatkan review lengkapnya pada postingan selanjutnya! (semoga).

18. I Owe You Love [4]
Kami memilih novel ini karena menurut kami ceritanya akan sederhana. Ehhhh... ternyata kami salah, ceritanya super bikin gregetan. Ihh sebel tapi gemes juga dengan pemeran-pemeran utamanya. Tapi sebel dan gemes in a good way.

Sebenarnya gaya penuturannya bukan termasuk yang kami suka, tapi penulis pandai memainkan ceritanya dan memainkan hati pembaca.

19. Laura (Sendiri) [4]
Sebenarnya bukan salah satu gaya bercerita yang mudah diikuti. Tapi lama-lama akhirnya kami mudeng juga dengan gaya bercerita penulisnya. Walaupun tokoh utamanya agak drama queen, karena suka sekali menjerit and stuff. Hadeh. Belum lagi kalau marah dan stres melanda, si tokoh utama cenderung suka melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri. Oh no!

Tapi karena dituturkan dengan baik, dan alur cerita yang tidak biasa, serta permasalahan yang saling bersengkarut, yaaa... penulis berhasil membuat kami betah membaca hingga bagian akhir.

20. Bukan Istri Pengganti [5] # ~
Astaga! Novel penutup yang sangaaaaaat mengguncang! Jalan ceritanya tak tertebak! Emosi kami rasanya di diudek-udek sampai tak karuan. Novelnya super menggemaskan, menegangkan, seru, dan tak tertebak. Semoga kami bisa membuat review lengkapnya di postingan berikutnya! Sehingga kami bisa menumpahkan segala perasaan kami selama membaca novel yang jalan ceritanya duuuuh~ super dehhh!

Okeeee... sekian ulasan ringkas, padat, jelas, tapi bikin gemes tentunya, hehehe. Bacaan bulan ini sangat banyak sekali! Bahkan dua kali lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya! Lebih wow-nya lagi, bacaan bulan ini sungguh... setiap bukunya memiliki kesannya masing-masing yang sangat kuat. Selain itu, tentunya setiap bacaan memiliki ciri khasnya masing-masing yang memiliki titik fokusnya sendiri-sendiri.


Sampai jumpa di postingan kami yang berikutnya! Kami akan membahas bacaan untuk bulan November! Kira-kira kami akan terpikat bacaan apa yaaa???? Penasaran? Nantikan postingan kami setiap Senin dan Sabtu pada pukul 09.00 wib.








Stay health, stay beauty, stay creative and stay literate


Semoga harimu selalu menyenangkan! 

Keep creative! Keep literate!



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World











© Journal Creative World 2020

Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.