Review: Caraku Mengatasi Rambut Rusak dan Rontok Super Parah | Perawatan Rambut Rusak Parah

Review: Caraku Mengatasi Rambut Rusak dan Rontok Super Parah | Perawatan Rambut Rusak Parah




Estimasi baca: enam menit

Halooo kembali lagi dengan label Girls Talk! Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengatasi rambut rusak parah. Bukan hanya rontok tapi mengubah kondisi rambut yang memiliki tekstur kuat menjadi sangat rapuh. Ingin tahu bagaimana saya mengatasi masalah tersebut? Lalu kondisi terkini rambut ini?


Kondisi rambut rusak parah ini sebenarnya sudah berlangsung lumayan lama. Sayangnya saya sebagai pemilik rambut malah tidak memperhatikan kondisi tersebut, dan hanya menganggapnya sebagai salah satu fase yang wajar. Ternyata setelah sekitar tiga bulanan, rambut masih terus menerus menurun kondisinya. Akhirnya barulah saya tahu (menyadari) bahwa rambut saya sedang sekarat dan sangat membutuhkan pertolongan dan perhatian.


Kondisi rambut saya awalnya tebal cenderung kasar dengan helaian tebal, bervolume sehingga membuat rambut terlihat megar, lalu memiliki warna hitam yang banyak dikatakan orang-orang hitam legam. Bahkan saking bosannya dikatakan memiliki rambut berwarna hitam legam, saya sempat mewarnainya agar terlihat lebih berwarna, tapi malah merusak. Tapi setelah itu saya kapok dan memangkasnya menjadi pendek dan menumbuhkan warna rambut apa adanya.

Kondisi ketika rambut rusak parah. Awalnya saya sudah mengetahui kalau rambut ini mengalami penurunan kondisi dengan jumlah rontoknya rambut menjadi lebih banyak. Kondisi ini terus berlanjut dan bahkan semakin banyak rambut yang rontok. Dikeramas rontok, disisir menggunakan sisir rontok, disisir dengan jari rontok, dikibas rontok, dikucir rontok, apalagi dibiarkan terurai rontok dan semrawut. Pokoknya kondisinya sangat mengerikan, memprihatinkan dan sungguh tak tertolong. Belum lagi rambut yang awalnya berwarna hitam legam menjadi merah. Ingat istilah ketika masa kecil dulu kalau kebanyakan main saat siang-siang? Rambut Jagung. Yep, exactly. Tapi bukan hanya berubah warna merah saja, tapi diikuti perubahan tekstur dan lainnya.

rontok ketika menyisir T_T hueee


ilustrasi



Lalu ujung rambut yang dulunya memang agak merah karena sisa dari cat rambut sebelumnya, semakin berwarna merah. Tekstur rambut yang awalnya lebat dan kasar dengan helaian besar berubah menjadi sangat-sangat-sangat rapuh yang kalau disentuh saja bisa rontok bahkan helaiannya menjdi tipiiiiiiiiiiiiis sekali. Jangankan disentuh tangan, dikibas saja sudah rontok dan berhamburan. Rambut bertebaran di Lantai setiap saat. Sangat mengerikan. Seperti sedang mengidap penyakit saja. Bahkan saking paranoid-nya hampir-hampir menganggap diri ini akan botak. Hiks ngeri.

Kondisi terkini rambut saya - sujud syukur dulu - sudah sangat baik. Rambutnya sudah membaik bahkan saat ini rambut sudah kembali menghitam emm... lebih kecoklatan tepatnya, tekstur sudah menebal dan kasar kembali, lalu helaiannya juga sudah menebal, sudah memiliki volume lagi. Dan sudah terlihat kuat tidak rapuh. Bahkan rontoknya sudah jauuuuuuuuuuuuuh berkurang. Bukannya jadi nggak rontok juga, toh memang awalnya rambut saya sudah rontok tapi masih dalam batas yang masih bisa ditoleransi. Jadi kondisi rontoknya saat ini tentunya sudah membaik. Secara keseluruhan rambut sudah kembali ke kondisi awalnya dan bahkan sudah jauh lebih baik.


Rambut saya rusak karena suka membuat ramuan diy (do it yourself) yang aneh-aneh. Pokoknya saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk tidak lagi membuat ramuan diy yang aneh-aneh. Tidak lagi. Kapok berat. Yah intinya ketika sudah cocok dengan ramuan yang tidak memiliki efek yang aneh-aneh, jangan menggantinya dengan percobaan yang belum jelas efeknya akan baik atau tidak. Oh iya dan syukurilah segala jenis maupun kondisi rambutmu. Itulah yang saya pelajari dari pengalaman yang super membuat pusing. Bahkan sempat berpikir untuk memangkas rambut jadi pendek lagi, fyi, rambut saya saat ini sudah masuk kategori panjang. Jadi agak goyah juga bila harus memotong rambut. Elah kayak lagi sakit hati saja, padahal sakit kepala (pusing) gara-gara rambut yang rontok dan rusak berkepanjangan.


Cara Mengatasi Rambut Rusak Parah dan Rontok Mengerikan


vcar_light

Saya yang saat itu sudah sangat bingung dan takut menggunakan produk-produk yang nantinya malah semakin merusak. Lalu saya memutuskan untuk kembali menggunakan Mustika Ratu lagi, tapi ketika ingin membeli malah semua produknya habis (shampoo, conditioner, hair oil dan hair tonic). Gagal membeli Mustika Ratu, saya lanjut ke Viva. Hanya percobaan, walaupun agak mengkhawatirkan tapi layak dicoba. Akhirnya saya order hair oil, hair tonic dan hair mask.

Awalnya saya hanya menggunakan hair oil dan hair tonic-nya meninggalkan hair mask. Kondisi rambut masih rontok masih mengerikan tapi setidaknya mulai ada sedikiiiiiiit sekali perubahan. Tak terasa tapi cukup menarik perhatian. Saya memutuskan tidak menggunakan hair mask, karena ternyata hair mask-nya dipakai setelah keramas, dan itu membuat mager. Awalnya saya kira akan dipakai sebelum keramas. Hehehe. Tapi karena perubahan dari hair oil dan hair tonic-nya hanyaaa sedikit sekali. Akhirnya saya gunakan juga hair mask-nya.


ilustrasi

Baru satu kali pemakaian tapi langsung terlihat hasil WOW-nya. Saking wow-nya sampai bingung. Bahkan rambutnya langsung berkurang rontoknya. Bukan hanya itu, setelah beberapa kali menggunakan hair mask, rambut menjadi lebih sehat bahkan mengembalikan segala tekstur yang awalnya rusak. Sungguh sangat mencengangkan kerja dari hair mask Viva. Saking tercengangnya, diri ini terus saja berkomat-kamit "ini cuma Viva lhoooo Viva..." hoooo astaga memang yaaa pilihan emak-emak itu selalu yang terbaik. Viva kan sudah tersohor dikalangan emak-emak.

Cara saya menggunakan produk Viva untuk merawat rambut. Pertama sebelum keramas saya gunakan hair oil, lalu keramas (saya belum punya shampo Viva, lupa beli), menggunakan kondisioner Viva (hair mask), lalu ditutup dengan menggunakan hair tonic Viva, walau saya tidak begitu rutin menggunakan hair tonicnya, karena cepatnya produk tersebut habis, hehehe, saya kalau menggunakan suka tidak ukuran. Wanginya juga enak-enak. Walaupun untuk yang nggak suka wewangian akan sedikit terganggu. Hehehe.



Yah... kira-kira seperti itulah saya mengembalikan kondisi rambut saya yang sempat parah sekali rontoknya. Bahkan benar-benar membuat takut teramat sangat, takut botak. Tapi saat ini rambutnya sudah kembali kondisinya ke kondisi yang sehat dan baik-baik saja. Intinya jangan pernah berbuat yang aneh-aneh pada rambutmu bila memang rambutmu sudah baik-baik saja. Cintai saja dirimu apa adanya, dan jagalah apa yang sudah kamu miliki agar tidak terlepas darimu. Ya, pengalaman rambut rontok parah tersebut menyadarkan saya akan banyak hal. Salah satunya adalah mencintai dan menerima kondisi yang dimiliki.


Oke, sekian dulu postingan dari saya untuk kalian para pembaca sekalian yang saat ini rambutnya sedang bermasalah :) semoga dapat membantu.

Sampai jumpa di postingan kami lainnya. Kami merilis postingan setiap Senin dan Sabtu pada pukul 09.00 wib.



Stay health, stay beauty, stay creative and stay literate


Semoga harimu selalu menyenangkan! 

Keep creative! Keep literate!



See you!
Salam kreatif

Penulis: Admin Journal Creative World 
Editor: Admin Journal Creative World











© Journal Creative World 2020

Komentar

KAMI BERHAK UNTUK:

Menghapus komentar yang tidak mendidik, merendahkan atau menistakan suatu golongan, serta pertimbangan kenyamanan publik lainnya. Kami harap setiap komentar yang muncul di blog ini ramah untuk dibaca pengguna di segala rentang usia. Mohon cerdas dalam berkomentar.